Example 160x600
Example 160x600
Lifestyle

5 Kalung Mutiara Termahal dan Paling Prestisius Didunia

×

5 Kalung Mutiara Termahal dan Paling Prestisius Didunia

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

KhatulistiwaHits.com.– 5 Kalung Mutiara termahal dan prestisius yang pernah ada dalam sejarah menjadi simbol kemewahan dan kecantikan bagi pemiliknya. Indonesia dikenal sebagai penghasil utama jenis Mutiara Laut Selatan (South Sea Pearl). Mutiara ini diperoleh dari spesies kerang Pinctada maxima. 

Pada awal abad pertama SM, mutiara menjadi simbol utama kekayaan, kekuasaan, dan prestise di Roma. Orang Romawi menyebut mutiara dengan nama Yunani “margarita” dan membedakan antara berbagai jenis. Yang terbesar dan terindah disebut unios; mutiara berbentuk buah pir disebut elenchi. Ketika dikelompokkan bersama, mutiara berdenting lembut dengan gerakan menarik perhatian dengan suaranya, yang disebut crotalia atau alat musik.

Sebagai informasi, diperkirakan untuk setiap 10.000 tiram/ kerang mutiara yang dipanen dari dalam lautan, hanya satu yang akan mengandung mutiara berkualitas tinggi. Kelangkaan mutiara alami inilah membuatnya sangat berharga dan sangat dicari dengan baik. Mulai dari kalangan selebriti, penikmat perhiasan, bangsawan dari setiap benua, dan banyak lagi telah membayar jutaan dolar untuk mendapatkan mutiara berkualitas tinggi, beberapa di antaranya mengambil jumlah yang memecahkan rekor.

Mutiara dunia didominasi oleh empat jenis. Pertama Mutiara Laut Selatan atau south sea pearl berada di Indonesia, Filipina Myanmar dan Australia dengan total produksi mencapai 10-13 ton. Separuh dari total tersebut berasal dari perairan Indonesia yang luas ini. Kedua ada fresh water pearl yang ada di negara China dengan total produksi mencapai 1500 ton. Di posisi ketiga ada akoya pearl dengan produsen negara China dan Jepang mencapai 15-20 ton. Dan keempat ada black pearl dari Tahiti yang mencapai 10 ton mutiara dalam setahun.

Kalung mutiara menjadi salah satu aksesori perhiasan yang mampu menunjang penampilan. Pasalnya selain aksesoris yang tergolong langka dan mewah, kalung mutiara ini cocok dipadukan dengan berbagai gaya, mulai dari formal hingga yang prestisius.

Berbicara soal kalung mutiara, tak lepas dari butir-butir mutiara berkualitas tinggi yang dihasilkan oleh kerang mutiara di dalam lautan sana. Dibutuhkan effort yang tinggi dan biaya yang mahal, jadi tidak heran jika sebuah kalung mutiara bisa dibanderol dengan harga fantastis.

Berikut kalung mutiara termewah di dunia dengan harga yang fantastis sepanjang sejarah yang KhatulistiwaHIts coba kutip dari True Facet.

Daftar 5 Kalung Mutiara Termahal dan Prestisius di Dunia

  1. Marie Antoinette-Barbara Hutton Pearl Stand Necklace

Kalung mutiara termahal yang pernah ada adalah Marie Antoinette-Barbara Hutton Pearl Stand Necklace. Meski memiliki detail cantik dan harganya super mahal, kalung mutiara ini menyimpan cerita tragis lo, Kawan Puan.

Baca Juga: 8 Hal Kesehatan Seputar Efek Kafein, Mitos atau fakta?

Pemilik pertama adalah Marie Antoinette, ia adalah Ratu Perancis yang dipenggal pada tahun 1793 karena difitnah.

5 Kalung Mutiara
Foto: https://id.pinterest.com/

Kemudian kalung ini berpindah ke Barbara Hutton, seorang sosialita yang akhirnya bangkrut dan hidup dalam kemiskinan sampai akhir hayatnya. Kalung dengan 44 rangkaian mutiara dan berlian turquoise ini akhirnya terjual sekitar harga Rp22 miliar

 

2. Five Strand Natural Pearl Necklace

Selanjutnya ada Five Strand Natural Pearl Necklace. Seperti namanya, kalung mutiara ini terdiri dari lima baris kalung mutiara yang disatukan dengan tali mewah.

Setiap mutiaranya sudah dipastikan asli, yaitu mutiara dari kerang air asin yang hidup secara alami di lautan.

5 Kalung Mutiara
Foto: https://luxepearl.com/

Dilengkapi dengan benang silk yang menyatukan kelima barisnya, Five Strand Natural Pearl Necklace dihargai hingga Rp24 miliar lo!

3. La Peregrina Pearl

Terakhir ada kalung mutiara termewah sekaligus termahal La Peregrina Pearl.

Seperti namanya, kalung mutiara ini terbuat dari mutiara La Peregrina yang merupakan mutiara paling cantik di dunia.

Pertama kali dimiliki oleh Mary I of England, kini kalung mutiara satu ini dimiliki oleh Elizabeth Taylor.

5 Kalung Mutiara
Foto: https://jewelry.allwomenstalk.com/

Elizabeth Taylor lalu meminta desainer perhiasan Cartier untuk menggubah beberapa bagiannya, seperti menambah batu rubi, berlian hingga berbagai jenis mutiara lainnya. Kalung La Peregrina Pearl ini ditaksir memiliki harga hingga Rp158 miliar lo, Kawan Puan.

4. Duchess of Windsor Single Strand Necklace

Kalung mutiara termewah selanjutnya adalah milik Duchess of Windsor, yaitu Wallis Simpson.

Duchess of Windsor Single Strand Necklace merupakan kalung mutiara pemberian suaminya, Duke of Windsor, yang berasal dari kalung milik ibunya, Queen Mary.

5 Kalung Mutiara
Foto: https://royalwatcherblog.com/

Kalung Duchess of Windsor Single Strand Necklace ini terbuat dari butiran mutiara kuat dan paling mahal, dan didesain khusus oleh Cartier. Selain mutiara, terdapat 4 bongkah berlian yang makin membuat kalung ini tampak mewah.

Saat ini kalung mutiara ini sudah dibeli oleh fashion designer Calvin Klein seharga Rp68 miliar untuk sang istri.

5. Baroda Pearl Necklace

Kalung mutiara termewah selanjutnya merupakan milik Maharani Sita Devi Sahib of Baroda di India.

Dalam pernikahan keduanya, ia diberikan kalung mutiara dengan double strain ini oleh Maharaja Pratapsingh Gaekwar, yang saat itu menjadi orang terkaya di India sekaligus terkaya nomor 8 di dunia.

5 Kalung Mutiara
Foto:https://www.pinterest.com.mx/pin

Baroda Pearl Necklace merupakan kalung mutiara yang terdiri dari butir mutiara terbesar dan terbaik di dunia. Kalung tersebut ditaksir berharga hingga Rp102 miliar. Sungguh fantastis.(DST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *