Example 160x600
Example 160x600
Pendidikan

Sinergitas MGMP Ekonomi Bersama Guru Penggerak Tingkatkan Kompetensi Guru

×

Sinergitas MGMP Ekonomi Bersama Guru Penggerak Tingkatkan Kompetensi Guru

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

KhatulistiwaHits, Kubu Raya–MGMP Ekonomi merupakan ajang Musyawarah Guru Mata Pelajaran berbentuk asosiasi atau himpunan guru memegang peranan strategis untuk meningkatkan dan memperkuat kompetensi guru melalui diskusi dan pelatihan.

Program BAKI merupakan wujud peran memfasilitasi guru dalam bidang studi yang sama dalam bertukar pendapat dan pengalaman. Melalui program yang dibuat oleh Tantri Mira Sandra yang merupakan salah seorang guru penggerak angkatan 1 kab.kubu raya, berniat mengajak para guru saling bersinergi.

Tantri mira sandra  membersamai  guru-guru ekonomi untuk dapat berperan aktif mulai dari diri sendiri mengembangkan segala  potensi yang dimiliki guru agar menjadi pendidik yang profesional .  Dan mampu beradaptasi dengan perubahan regulasi mau pun transformasi didunia pendidikan. Hal ini yang menjadi tujuan dilaksanakan  kegiatan pelaksanaan MGMP Ekonomi Kab.Kubu Raya diselenggarakan pada hari rabu pukul 08.00 wib ,tanggal 23 Agustus 2022 bertempat Diaula SMA Alfityan kab.Kubu raya dengan Tema Berbagi Praktek baik  IKM dan PMM .

Kegiatan dimulai dengan sambutan Ketua MGMP Ekonomi Kab.Kuburaya oleh Indra Krisnadi ,S.Pd Dari SMA Negeri 2 Kakap . Dengan memberikan apresiasi kepada guru-guru yang berkenan hadir mengikuti kegiatan pertemuan rutin mgmp ekonomi kab.kuburaya .selanjutnya ketua mgmp juga  mengucapkan terima kasih kepada Ibu Yully selaku kepala sekolah SMA Al Fityan bersedia untuk menyiapkan dan memfasilitasi kegiatan berupa ruang kegiatan dan saran prasarananya . Kegiatan dibuka oleh kepala sekolah SMA Al Fityan Kab.Kuburaya Yully Endriani,S.Pd.,Gr yang berkenan memberikan penguatan dan motivasi kepada bapak ibu guru dalam komunitas mgmp ekonomi kab. Kuburaya.

MGMP Ekonomi
Suasana kegiatan MGMP Ekonomi

Yuli Endriani  juga memberikan apresiasi kepada guru-guru  yang mau ikut berperan aktif melaksanakan kegiatan rutin MGMP dimana ini sangat besar sekali manfaatnya sebagai ajang silaturahmi dan berbagi praktek baik , ruang berdiskusi antara guru-guru ekonomi.

Baca Juga:MGMP Ekonomi Mempawah dan Guru Penggerak Gelar IHT Penerapan Kurikulum Merdeka 2022

Yuli juga memberikan testimoni , bahwa dengan menerapkan  kurikulum.merdeka sangat besarnya  manfaat yang dirasakan  setelah menjadi sekolah penggerak  kurikulum merdeka yang menarik dan  fleksibel sangat  efektif membangun karakter bakat minat murid yang berbeda . Melalui kegiatan pembelajaran berdiferensiasi  yang berfokus pada murid , kita dapat mengakomodir kebutuhan peserta didik.

MGMP Ekonomi bersinergi Dalam Perannya Mewujudkan Peningkatan Kompetensi Guru

Tantrisandra mengajak guru-guru menyadari bahwa guru itu dapat diibaratkan seorang dokter yang mampu melakukan diagnostik awal masalah atau penyakit yang dihadapi seorang pasien. Sehingga dapat memberikan obat sesuai dengan keluhan dan penyakitnya . Sehingga dengan penyakit dan obat yang sesuai kesembuhan pasien akan terwujud. Demikian pula murid-murid kita melalui asesmen diagnostik awal  yang diberikan guru ,kita dapat memberikan proses pembelajaran melalui metode ,strategi  sesuai dengan kebutuhan ,kemampuan ,bakat minat murid.

Sehingga murid dikelas mendapatkan pengalaman proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna  , Tantrisandra juga menjelaskan Alur merdeka belajar yang dapat bapak ibu terapkan diruang kelas dengan konsep SAPA SEKELAS BAGJA JUKI.

MGMP Ekonomi

Yang dapat didefinisikan SAPA adalah  akronim dari siap menerima pembelajran dengan baik artinya dengan menyakan kepada murid media, sumber belajar fasilitas yang dimiki murid ,metode cara dan proses belajar, disini murid diajak berfikir dan bernalar kritis mengemukankan pendapatnya dalam kesiapan belajar, SEKELAS  akronim dari kesepakatan kelas aktivitas yang dibuat dengan bersama-sama murid dengan menyenangkan untuk tujuan bersama yang  kelas dan pembeljaran yang diinginkan ingin tercapai secara gorong royong.

Tidak lupa model inquiri apresiatif tahapan BaGJA untuk.menggali potensi bakat minat murid melalui Pembelajaran diferensiasi yang dapat mengakomodir segala kemampuan murid yang berbeda-beda menjadi solusi yang efektif dalam proses pembelajaran .Tidak lupa budaya positif yang kita lakukan setelah proses pembelajaran berakhir melalui JUKI akronim dari   Jurnal refleksi melalui games seru sambung kata .

Ali Ridhoi dari SMA Hidayatul Mubtadiin desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya menyatakan  bahwa kegiatan mgmp ini pertama kali diikuti dan sangat bermakna . Ali semakin menyadari  kelemahan yang saya rasakan proses belajar mengajar selama ini dan pak ali berkomitmen untuk kedepannya  akan memperbaiki proses pembeljaran dikelas .

Rasulan dari SMA Negeri 1 Terentang menyatakan  sangat senang mengikuti kegiatan ini karena menambah pengalaman metode mengajar dan menyampaikan harapan kedepan kegiatannya lebih baik.

Erfina dari SMA Negeri 1 Batu Ampar menyatakan sangat senang mendapatkan pengalaman bermakna dalam proses belajar mengajar dikelas dan tertaring dwngan ice breaking dan  akan menerapkan dikelas.(Tantri/KH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *