Example 160x600
Example 160x600
Pendidikan

Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak Adakan Pelatihan Bertajuk “To Be a Famous of Content Creator”

×

Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak Adakan Pelatihan Bertajuk “To Be a Famous of Content Creator”

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Khatulistiwahits.com.—Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak kembali laksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, Sabtu(23/04/2022). Kegiatan berupa pelatihan tentang bagaimana menjadi seorang content creator yang kreatif dan inovatif.

Dalam rangka rangkaian kegiatan Berbagi Sesama Insan yang dilaksanakan setiap Bulan Ramadhan, kampus Universitas BSI Kampus Pontianak menggelar kegiatan Berbagi Ilmu, Berbagi Berkah, dan dan ditutup dengan kegiatan Berbuka Puasa Bersama. Kegiatan ini melibatkan Panti Asuhan Aisiyah Tunas Harapan dan Yayasan Panti Asuhan Achmad Yani Kota Pontianak, Dosen dan Mahasiswa Universitas BSI Kampus Kota Pontianak.

Kegiatan diawali dengan berbagi santunan yang dilaksanakan pada Rabu (14/02/2022) di Panti Asuhan Aisiyah Tunas Harapan dan Yayasan Panti Asuhan Achmad Yani Kota Pontianak.

Baca Juga: Universitas BSI Kampus Pontianak Adakan Berbagi Sesama Insan Ramadhan 1443 H

Kegiatan Berbagi Ilmu yang dikemas dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat, dilakukan oleh beberapa tim Dosen dan Mahasiswa. Salah satu tim yang diketuai oleh Wanty Eka Jayanti memberikan pelatihan dengan materi “To Be a Famous of Content Creator”. Materi disampaikan oleh Dedi Saputra, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan tutorial singkat untuk menjadi seorang content creator yang bisa dijadikan bekal bagi peserta kemudian hari, pungkas Dedi.

Dosen Universitas BSI
Pemateri Dedi Saputra memberikan pelatihan jadi seorang content creator(Foto: Tim PM)

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 15 orang peserta dari Panti Asuhan Aisyiyah Tunas Harapan dan melibatkan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi dan Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi.

Berikut ulasan tentang bagaimana menjadi seorang Content Creator, yang berhasil dirangkum oleh khatulistiwahits.com :

Dosen Universitas BSI Adakan Pelatihan “To Be a Famous of Content Creator”

Content creator adalah orang yang membuat suatu konten, nantinya konten tersebut akan dibagikan ke berbagai platform media sosial terkenal, seperti Instagram, YouTube, Facebook bahkan Tiktok.

Dilansir dari State of Digital Publishingcontent creator adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab pada setiap informasi yang mereka sebarkan di media, khususnya media digital. Berdasarkan laman tersebut, content creator umumnya mempunyai target penonton atau audiensnya masing-masing.

Sedangkan menurut HubSpotcontent creator adalah orang yang memproduksi materi atau konten yang mempunyai nilai edukasi ataupun hiburan di dalam kontennya. Nantinya, materi tersebut akan disesuaikan dengan keinginan dan juga ketertarikan dari masing-masing audiens nya.

Pada umumnya, content creator akan menggunakan banyak sekali platform dalam menyebarkan konten yang sudah mereka produksi. Jadi, selain Instagram, Youtube, Facebook atau TikTok, mereka juga menggunakan blog, infografik dan juga ebook untuk bisa menyebarkan seluruh kontennya.

Nah jadi, jika Anda memilih untuk membuat video tentang cara memasak opor ayam yang benar lalu mengunggahnya di Youtube, maka Anda sudah dianggap sebagai seorang content creator.

Pun sama halnya saat Anda membuat video perjalanan travelling ke suatu daerah lalu mengunggahnya di Youtube, maka pada saat ini Anda sudah dianggap sebagai seorang content creator. Jadi, untuk menjadi seorang content creator tidak perlu menjadi seorang publik figur terlebih dahulu.

Kriteria Content Creator yang Baik 

Sebelum Anda memutuskan menjalin kerjasama dengan content creator, Anda harus bisa mengetahui beberapa kriteria dalam memilih mereka sebagai rekan bisnis Anda. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya

  1. Memiliki Ide-Ide yang Kreatif 

Suatu konten yang menarik dan orisinil umumnya tercipta dari berbagai ide yang kreatif. Selain itu, konten juga harus bisa disesuaikan dengan bisnis Anda, sehingga promosi konten yang Anda produksi akan sukses dan juga sesuai dengan target audiens.

  1. Mempunyai Kemampuan Riset yang Baik 

Hasil konten yang baik bisa diperoleh dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan cara melakukan riset. Cara ini akan membantu Anda dalam membuat konten yang memang diperlukan oleh target audiens Anda.

Untuk itu, seorang content creator harus mampu memiliki kemampuan riset yang sangat baik. Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan riset, seperti dengan menggunakan Google Trends, Google Analytic, dll.

  1. Menguasai Tools Pendukung

Keterampilan dan juga pengetahuan yang tinggi harus bisa didukung dengan tools agar hasilnya menjadi lebih maksimal. Umumnya, seorang content creator memiliki keterampilan dalam membaca dan juga menggunakan tools analytics seperti Google Analytic untuk bisa memantau, mengevaluasi dan juga memaksimalkan performa kontennya.

  1. Kemampuan Komunikasi Baik 

Seorang content creator juga  harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Keterampilan ini menjadi sangat penting untuk menghindari terjadinya miskomunikasi dalam hal berkoordinasi dengan Anda. Jadi, project yang Anda jalankan bisa berjalan dengan baik dan sempurna.

  1. Memahami SEO 

Seorang content creator pun harus bisa memahami teknik SEO agar strategi content marketing nya bisa berjalan secara maksimal. Nah, teknik SEO ini bisa membantu suatu konten dilihat dan dijangkau oleh banyak orang. Selain itu, Anda juga harus menginformasikan tujuan dari bisnis Anda pada mereka agar mampu menghasilkan suatu konten yang sesuai dengan tujuan Anda.

Tertarik untuk menjadi seorang content creator yang memiliki nilai jual?, selalu lakukan inovasi dan berkreasi sesuai passion Sobat sendiri. Hal yang paling penting lagi adalah, lakukan dengan penuh komitmen dan konsisten.(DST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *