Example 160x600
Example 160x600
OlahragaNews

Formula E Jakarta 2022 Sukses Digelar, Mitch Evans Raih Kemenengan Lewat Persaingan Sengit

×

Formula E Jakarta 2022 Sukses Digelar, Mitch Evans Raih Kemenengan Lewat Persaingan Sengit

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

KhatulistiwaHits.com, Jakarta.—Formula E Jakarta 2022 usai sudah digelar di Jakarta E-Prix Circuit (JIEC) pada Sabtu (04/06/2022) sore WIB. Mitch Evans berhasil meraih kemenangan melalui persaingan sengit usai menyalip Jean-Eric Vergne.

Dalam balapan seri ke-9 Formula E Jakarta 2022 di Jakarta International e-Prix Circuit, Jean-Eric Vergne peraih pole potition pada awalnya terlihat percaya diri mulus melaju untuk meraih kemenangan di balapan ini.

Namun, saat balapan seri kesembilan Formula E 2022 itu memasuki menit-menit akhir, Mitch Evans pebalap Jaguar TCS Racing melakukan sebuah manuver cantik di bagian dalam lintasan. Ia pun sukses memimpin balapan usai melewati Vergne.

Bagaimana keseruan race yang terjadi, berikut ini KhatulistiwaHits.com coba merangkum untuk para sobat KH.

Baca Juga: Gelaran Pertama Kali Formula E Bertajuk Jakarta E-Prix 2022 Jadi Momen Bersejarah Bagi Masyarakat Indonesia

Formula E
Suasana Pembukaan Balapan Formula E Jakarta 2022 yang dihadiri Presiden Jokowi (Foto:www.instagram.com/FIAFormulaE)

Keseruan Jalannya Balapan Formula E Jakarta 2022 Penuh Persaingan Sengit

Jakarta E-Prix merupakan balapan ke-9 dalam kalendar Kejuaraan Dunia Formula E 2021-2022. Race di JIEC kali ini merupakan momen bersejarah karena untuk pertama kalinya balapan mobil listrik Formula E diselenggarakan di Asia Tenggara dan hadir di Indonesia.

Jalannya Balapan Formula E sanagat berbeda dari gelaran balap Formula 1. Balapan Formula E tidak menggunakan jumlah putaran atau lap melainkan waktu tempuh untuk menentukan pemenang. Waktu balapan Formula E adalah 45 menit. Setiap pebalap nantinya dituntut untuk menjadi yang tercepat dalam balapan selama 45 menit tersebut.

Formula E
Persaingan sengit mewarnai jalannya balapan Formula E Jakarta 2022 (Foto:www.fiaformulae.com)

Setelah 45 menit waktu balapan selesai, masih ada satu putaran tambahan yang harus diselesaikan oleh seluruh pebalap. Satu lap terakhir itulah yang menjadi penentu akhir dari sebuah balapan Formula E.

Dua pebalap DS Techeetah, Jean-Eric Vergne dan Antonio Felix da Costa, yang memulai balapan dari grid terdepan sukses mempertahankan posisinya di tikungan pertama. Posisi Vergne dan Da Costa tidak berubah hingga seluruh pebalap menyelesaikan putaran atau lap pertama. Mereka berdua diikuti oleh Mitch Evans pebalap tim Jaguar TCS Racing yang menempati urutan ketiga.

Pada menit ketiga, Safety Car keluar setelah Oliver Rowland pebalap Mahindra Racing mengalami crash di Tikungan 3. Oliver Rowoland tidak bisa melanjutkan balapan salah satu ban mobilnya terlepas.

Formula E
Oliver Rowland pebalap Mahindra Racing mengalami crash di Tikungan 3 (Foto:www.instagram.com/oliverrowland1)

Tepat pada menit keempat, balapan kembali dilanjutkan setelah Safety Car keluar dari lintasan. Pada menit kelima, Evans berhasil menyalip Da Costa di Tikungan 7 untuk mengambil alih posisi kedua.

Memasuki menit ke-10, beberapa pebalap mulai mengaktifkan attack mode untuk mendapatkan tambahan tenaga 30kW. Tepat pada menit ke-11, Vergne keluar dari racing line untuk mengaktifkan attack mode.

Strategi itu membuat Verge harus turun ke urutan kedua karena disalip oleh Evans. Beberapa saat berselang, giliran Evans yang mengaktifkan attack mode. Hal itu juga membuat posisi Evans melorot ke urutan ketiga ketika balapan memasuki menit ke-14. Evans kala itu berada di belakang Vergne dan Edoardo Mortara pebalap tim ROKiT Venturi Racing.

Hingga akhir attack mode miliknya, Evans masih belum berhasil menyalip Edoardo Mortara sehingga tertahan di urutan ketiga. Pimpinan klasemen pebalap Formula E musim 2021-2022, Stoffel Vandoorne pebalap tim Mercedes EQ, mencoba keberuntungan dengan mengaktifkan attack mode pada menit ke-16. Vandoorne saat itu masih tertahan di perigkat keenam. Hinga menit ke-19.

Mortara menjadi satu-satunya pebalap yang masih menyimpan dua kesempatan mengaktifkan attack mode. Mortara baru mengaktifkan attack mode miliknya pada menit ke-20. Hal itu membuat Mortara harus turun ke peringkat ketiga setelah disalip Evans.

Tepat pada menit ke-21, Vergne yang sudah menggunakan seluruh kesempatan attack mode miliknya turun ke posisi kedua. Vergne kemudian berhasil mengambil alih pimpinan balapan dengan menyalip Evans pada menit ke-22 ketika attack mode miliknya masih aktif.

Hingga menit ke-28, Vergne masih memimpin balapan diikut oleh Evans dan Mortara. Di sisi lain, Vandoorne secara perlahan mulai merangkak naik dan menduduki posisi kelima. Memasuki 14 menit terakhir balapan, Da Costa yang mengaktifkan fanboost berhasil menyalip Mortara untuk menempati peringkat ketiga.

Ketika balapan tersisa 10 menit, energi mobil dari mayoritas pebalap sudah menurun jadi hanya sekitar 30 persen. Tepat pada menit ke-39, Evans berhasil melakukan overtake Vergne untuk mengambil alih pimpinan balapan.

Pada menit terakhir balapan, Evans sempat mendapatkan perlawan sengit dari Verge.  Namun dengan kecerdasannya menutup ruang gerak Verge, Evans tetap berhasil mempertahankan posisi terdepan hingga akhir balapan.

Formula E
Hasil Balapan Seri ke-9 Formula E Jakarta 2022 (Foto:www.fiaformulae.com)

Tercatat kunci kemenangan Evans terjadi di menit ke-39 balapan. Evans kala itu berhasil menyalip Jean-Eric Vergne pebalap DS Techeetah di Tikungan 7 untuk mengambil alih pimpinan balapan. Sejak saat itu, mantan rekan setim Sean Gelael di GP2 ini tidak lagi terkejar hingga garis finis. Evans kali ini naik podium ditemani oleh Jean-Eric Vergne dan Edoardo Mortara pebalap ROKiT Venturi Racing.

Kemenangan Mitch Evans merupakan sejarah baru pebalap pertama yang berhasil menaklukkan balapan mobil listrik Formula E di Jakarta International e-Prix Circuit, Indonesia. Ini adalah kemenangan ketiga Mitch Evans di Kejuaraan Dunia Formula E musim 2021-2022.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *