Example 160x600
Example 160x600
Olahraga

MotoGP Catalunya 2022: Quartararo Dominan Hingga Sukses Juara, Insiden Tikungan Pertama, dan Selebrasi Memalukan dari Espargaro

×

MotoGP Catalunya 2022: Quartararo Dominan Hingga Sukses Juara, Insiden Tikungan Pertama, dan Selebrasi Memalukan dari Espargaro

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

KhatulistiwaHits.com.—MotoGP Catalunya 2022 yang digelar Minggu (05/06/2022) menciptakan banyak cerita dan drama. Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo berhasil menjadi Juara diikuti Jorge Martin dan Johann Zarco yang keduanya merupakan pebalap Pramac Racing.

Balapan yang diwarnai insiden kecelakaan yang melibatkan Takaaki Nakagami, Alex Rins, dan Francesco Bagnaia. Drama langsung terjadi Ketika balapan baru dimulai tepatnya di tikungan pertama MotoGP Catalunya 2022. Nakagami kehilangan kendali saat ingin memasuki tikungan pertama.

Nakagami kemudian terjatuh, kepalanya menghantam ban belakang Bagnaia hingga membuat pembalap Ducati itu terjadi. Sepeda motor Nakagami kemudian menghantam Rins hingga pembalap Suzuki itu terpental ke udara.

Aleix Espargaro yang merupakan salah satu pembalap veteran melakukan blunder memalukan dengan melakukan selebrasi lebih awal padahal masih ada satu lap yang tersisa. Aleix sangat percaya diri ketika melewati garis finis merasa memimpin cukup nyaman atas Martin dan langsung mengurangi kecepatan sambal berselebrasi.

Baca Juga: Race MotoGP Spanyol 2022: Bagnaia Sukses Podium 1, Quartararo Pimpin Klasemen Sementara

Bagaimana jalannya race MotoGP Catalunya 2022 ini yang digelar di Circuit de Catalunya Spanyol, berikut KhatulistiwaHits.com rangkum untuk para sobat.

Suguhan Jalanya Balapan yang Dramatis dari MotoGP Catalunya 2022

Awal balapan langsung disuguhkan dengan tabrakan beruntun yang menimpa 3 pembalap sekaligus. Francesco Bagnaia terlibat dalam kecelakaan yang menimpa Alex Rins dan Takaaki Nakagami.

MotoGP Catalunya 2022
Insiden di tikungan pertama (Foto:www.instagram.com/explore/tags/catalunyagp)

Tak berselang lama, pembalap pengganti Marc Marquez yakni Stefan Bradl juga terjatuh. Pemimpin balapan saat ini dikuasai Fabio Quartararo yang start dari posisi ketiga. Quartararo sukses melewati Aleix Espargaro yang merebut pole position.

Dengan keluarnya Bagnaia yang start urutan kedua, maka Aleix menempati posisi tersebut. Kemudian disusul Jorge Martin dan Johann Zarco yang meramaikan 4 besar. Adapun posisi kelima ke bawah ada Pol Espargaro, Joan Mir dan Luca Marini.

Memasuki laps keempat, Quartararo berhasil unggul 1,5 detik di depan Aleix yang masih membuntutinya. Aleix sendiri sempat diserang Jorge Martin yang ingin berusaha merebut tempat keduanya.

Sementara Enea Bastianini sekarang masih adu kecepatan degan Maverick Vinales dalam memperebutkan 9 besar. Petaka mengampiri Bastianini yang terjatuh saat melewati tikungan kelima. Begitupun Fabio Di Giannantonio yang menjadi pembalap keenam mengalami crash.

Balapan yang masih menyisakan 10 laps dipimpin oleh Quartararo dengan gap 4,5 detik dari Aleix. Quartararo terus melaju melahap Sirkuit Catalunya guna meninggalkan rival yang berusaha mengejar.

Baca Juga: Formula E Jakarta 2022 Sukses Digelar, Mitch Evans Raih Kemenengan Lewat Persaingan Sengit

Perjuangan Martin untuk melewati Aleix akhirnya terjadi di tikungan 1. Martin pun kini lebih memacu kuda besinya untuk menjaga jarak dari Aleix yang turun ke posisi 3.

Nahas bagi Aleix yang pada akhir balapan harus turun hingga posisi kelima. Di sisi lain, untuk posisi pertama tidak berubah dan dimenangkan oleh Quartararo. Berikutnya ada Jorge Martin dan tempat ketiga ada Johann Zarco.

Drama Selebrasi Memalukan di MotoGP Catalunya 2022

Espargaro memulai balapan MotoGP Catalunya 2022 dari posisi pole. Pembalap Aprilia itu bersaing ketat dengan Fabio Quartararo di awal balapan. Setelah tidak mampu mengimbangi kecepatan Quartararo, Espargaro kemudian duel dengan Jorge Martin untuk memperebutkan posisi kedua.

MotoGP Catalunya 2022
Selebrasi memealukan Aleix Espargaro (Foto:twitter.com/MotoGP)

Espargaro mengira balapan MotoGP Catalunya 2022 sudah selesai saat menyisakan satu lap. Mantan pembalap Suzuki itu menurunkan kecepatan dan melambaikan tangan ke arah penonton di Sirkuit Barcelona, seakan-akan balapan sudah selesai.

Padahal balapan masih menyisakan satu lap. Blunder seperti ini disebut hanya pernah dilakukan pembalap pemula atau rookie di ajang balap motor.

Espargaro masih tidak sadar balapan belum selesai setelah disalip Jorge Martin dan Johann Zarco. Espargaro baru sadar ketika Joan Mir melewatinya dengan kecepatan tinggi. Ketika Luca Marini menyalipnya, Espargaro kembali tancap gas. Espargaro kemudian sukses melewati Marini untuk finis di posisi kelima pada balapan MotoGP Catalunya 2022.

Usai balapan Espargaro tertunduk lesu setelah sadar melakukan blunder. Kru Aprilia berusaha menghiburnya di garasi tim. Espargaro terlihat sempat menangis, sampai-sampai CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, datang ke garasi Aprilia untuk menghibur.

Blunder di akhir balapan MotoGP Catalunya 2022 membuat Espargaro kehilangan sembilan poin. Espargaro tertinggal 22 poin dari Quartararo di puncak klasemen MotoGP 2022.

MotoGP Catalunya 2022
Hasil lengkap MotoGP Catalunya 2022 (Foto:www.instagram.com/explore/tags/catalunyagp)

Berikut Hail Lengkap Dari MotoGP Catalunya 2022

  1. Fabio Quartararo(Monster Energy Yamaha/Yamaha) 40:29.360
  2. Jorge Martin (Pramac Racing/Ducati) +6.473
  3. Johann Zarco (Pramac Racing/Ducati) +8.385
  4. Joan Mir (Suzuki Ecstar/Suzuki) +11.481
  5. Aleix Espargaro (Aprilia Racing/Aprilia) +14.395
  6. Luca Marini (Mooney VR46/Ducati) +15.430
  7. Maverick Vinales (Aprilia Racing/Aprilia) +15.975
  8. Brad Binder (Red Bull KTM/KTM) +21.436
  9. Miguel Oliveira (Red Bull KTM/KTM) +26.800
  10. Alex Marquez (LCR Honda/Honda)+30.460
  11. Remy Gardner (Tech3 KTM/KTM) +32.443
  12. Darryn Binder (WithU Yamaha RNF/Yamaha)+32.881
  13. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha/Yamaha) +33.168
  14. Jack Miller (Ducati Lenovo/Ducati) +34.693
  15. Raul Fernandez (Tech3 KTM/KTM) +37.844
  16. Michele Pirro (Ducati Test Team/Ducati) +44.533
  17. Pol Espargaro (Repsol Honda/Honda)+46.199. (DST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *