Example 160x600
Example 160x600
LifestyleLocal News

Geopark Merangin Jambi, Destinasi Wisata Alam Nan Indah Koleksi Fosil 300 juta Tahun

×

Geopark Merangin Jambi, Destinasi Wisata Alam Nan Indah Koleksi Fosil 300 juta Tahun

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

KhatulistiwaHits.com.—Geopark Merangin Jambi merupakan taman bumi yang menjadi salah satu destinasi wisata alam yang memiliki kolesi fosil-fosil berusia lebih dari 300 juta tahun.

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam yang beraneka ragam dan mempesona. Berbagai objek wisata alam yang mempesona kerap ditemui di banyak tempat dipenjuru nusantara. Salah satu destinasi wisata alam yang fantastis adalah Geopark Merangin, yang berada di Provinsi Jambi.

Nama ini diambil dari nama area administratif, yaitu Kabupaten Merangin dan Provinsi Jambi. Penggunaan dari kata Jambi pada nama Geopark tidak hanya merujuk pada wilayah administratif dari Provinsi Jambi, tetapi juga suatu pernyataan kebanggan pada Fosil Flora Jambi.

Geopark ini tengah menunggu survey dari tim UNESCO untuk masuk dalam daftar Taman Bumi Dunia (Global Geopark). Berbagai pembenahanpun dilakukan Pemprov Jambi untuk dapat memenuhi kriteria yang ditetapkan UNESCO Global Geopark (UGG).

Baca Juga: Provinsi Aceh Daerah Berjuluk Serambi Mekah Yang Memiliki Pesona Memikat

Dikutip khatulistiwahits.com melalui laman resmi Geopark Merangin, wisata alam ini sangat istimewa, pasalnya Geopark Merangin memiliki koleksi berupa fosil-fosil dari ratusan juta tahun lalu.

Tak hanya fosil hewan tapi juga ada fosil daun, kayu, akar dan juga kerang-kerangan. Fosil-fosil yang diperkirakan berumur lebih dari 300 juta tahun itu bisa dijumpai di sepanjang aliran Sungai Batang Merangin dan Sungai Mengkarang.

Berikut ulasan tentang Geopark Merangin Jambi Nan Indah dan Menantang

Di area  Geopark Merangin Jambi, kita akan menemukan berbagai karakteristik bebatuan yang berusia lebih dari 200 juta tahun yang lalu, khususnya tentang penemuan Fosil Flora Jambi sejak Tahun 1926.

Berdasarkan dengan keunikkan ini, area Geopark Merangin Jambi telah dirancang sebagai Geopark Nasional sejak 2013. Tema utama yang diangkat dari Geopark Merangin Jambi adalah “Merangin Jambi Mewakili Fosil Flora Terbaik dan Terlengkap dari Permian Awal”, yaitu pohon dan fosil laut yang berumur 300 juta tahun yang lalu (Perem, Paleozoic) telah ditemukan di Sungai Merangin dengan ketebalan 500 meter dan hanya satu-satunya yang tinggal di dunia.

Sebagai tambahan, disana juga terdapat suatu hamparan karst dengan bentang alam yang bervariasi, keduanya baik exokarst dan endokarst memiliki jejak peninggalan kuno.

Area Gunung Masurai dengan fenomena tektonik vulkanik menyebabkan formasi pada beberapa bentang alam seperti danau, air terjun, kekar kolom dan perwujudan panas bumi yang masih berlanjut hingga kini.

Kompleks ini juga menjadi tempat tinggal bagi flora dan fauna langka dan dilindungi dan mengandung sejarah dari peradaban terdahulu. Semua keunikkan geologi ini ada dalam satu area yang dapat ditemukan di area Geopark Merangin Jambi.

Baca Juga: Danau Maninjau, Tanah Kelahiran Buya Hamka yang Menyimpan Sejuta Pesona Alam Nan Indah

Secara keseluruhan, area Geopark Merangin Jambi adalah sebuah kawasan daratan sekitar 4,832.31 km². Secara administratif, kawasan ini terdiri dari 12 Kecamatan di Kabupaten Merangin, dengan jumlah 131 Desa/ Kelurahan. Kawasan ini membentang sejauh ± 121 km dari Timur ke Barat dan ± 117 km dari Utara ke Selatan.

Rute jalan utama di rute Selatan-Utara dengan jarak ±80 km, selanjutnya rute Timur-Barat sekitar ±140 km. Rute darat untuk menempuh kawasan Gunung Masurai ±112 km.

Koleksi fosil di Geopark Merangin menurut para peneliti diperkirakan jauh lebih lengkap dari geopark di negara lain seperti China dan Amerika.

Buat Sobat KH yang mempunyai hobi wisata alam dan rafting dapat menikmati keindahan alam di sepanjang Sungai Batang Merangin sambil melihat fosil-fosil tersebut. Fosil yang usianya ratusan tahun itu bisa dilihat di beberapa pemberhentian, antara lain fosil kayu purba Araucarioxylon Teluk Gedang, fosil daun Muara Karing, fosil Brakhiopoda Mengkarang hingga formasi Konglomerat Teluk Wang, dan tak kalah menariknya adalah keindahan flora dan faunanya.

Beberapa Destinasi Wisata Alam Geopark Merangin Jambi dengan Koleksi Fosil Berusia 300 juta Tahun

Batu Bertulis Karang Berahi
Geopark Merangin Jambi
Batu Bertulis Karang Berahi (Foto:geopark.meranginkab.go.id)
Batu Silindrik Desa Tuo
Geopark Merangin Jambi
Batu Silindrik Desa Tuo (Foto:geopark.meranginkab.go.id)
Kekar Kolom (Columnar Joint) Gunung Tungkat
Geopark Merangin Jambi
Kekar Kolom (Columnar Joint) Gunung Tungkat (Foto:geopark.meranginkab.go.id)
Fosil Daun Muara Karing
Geopark Merangin Jambi
Fosil Daun Muara Karing (Foto:geopark.meranginkab.go.id)
Fosil Kayu Teluk Gedang
Geopark Merangin Jambi
Fosil Kayu Teluk Gedang (foto:geopark.meranginkab.go.id)
Air Terjun Serintik Hujan Panas
Geopark Merangin Jambi
Air Terjun Serintik Hujan Panas (Foto:geopark.meranginkab.go.id)
Air Terjun Mukus
Geopark Merangin Jambi
Air Terjun Mukus (FOto:geopark.meranginkab.go.id)
Air Terjun Dukun Betuah
Geopark Merangin Jambi
Air Terjun Dukun Betuah (Foto:geopark.meranginkab.go.id)
Danau Telago Biru
Geopark Merangin Jambi
Danau Telago Biru (Foto:geopark.meranginkab.go.id)
Kompleks Danau Kawah Kumbang dan Mabuk
Geopark Merangin Jambi
Kompleks Danau Kawah Kumbang dan Mabuk (Foto:geopark.meranginkab.go.id)
Formasi Konglomerat Teluk Wang
Geopark Merangin Jambi
Formasi Konglomerat Teluk Wang (Foto:geopark.meranginkab.go.id)
Flora
Geopark Merangin Jambi
Wisata Flora (Foto:geopark.meranginkab.go.id)
Fauna
Geopark Merangin Jambi
Wisata Fauna (Foto:geopark.meranginkab.go.id)

Bagaimana menurut Sobat KH, mana nih yang jadi tempat favorit kamu?. (*?DST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *