Example 160x600
Example 160x600
TeknologiInspirasi

Tangkapan Layar atau Screenshoot Diberbagai Perangkat, Berikut Cara Mudahnya!

×

Tangkapan Layar atau Screenshoot Diberbagai Perangkat, Berikut Cara Mudahnya!

Sebarkan artikel ini
Tangkapan Layar
Example 468x60

KhatulistiwaHits.com–Tangkapan layar atau cuplikan layar yang dalam bahasa Inggrisnya screenshot atau screen capture adalah gambar digital yang menampilkan isi layar komputer.  Tangkapan layar dibuat oleh sistem operasi atau perangkat lunak yang berjalan pada perangkat yang menyalakan layar.

Beragam jenis perangkat gadget alias gawai, berbeda pula cara screenshot atau tangkapan layarnya. Bagaimana melakukan tangkapan layar di lintas perangkat yang selama ini sebagian kita belum mengetahuinya?

Mengutip wikipedia, tangkapan layar sendiri pertama kali dibuat dengan komputer interaktif pertama sekitar tahun 1960. Selama tahun 1980-an, sistem operasi komputer secara umum tidak memiliki fungsionalitas bawaan untuk menangkap tangkapan layar.

Tangkapan Layar Dengan Berbagai Perangkat Gadget

Terkadang, layar yang hanya berisi teks dapat ditimbun ke berkas teks, tetapi hasilnya hanya akan menangkap konten layar, bukan tampilan, layar grafis juga tidak dapat dipertahankan dengan cara ini.

Dilansir Engadget, berikut cara melakukan Tangkapan Layar di berbagai perangkat:

iPhone
iPhone model terbaru yang tidak dibekali Home Button dapat melakukan Tangkapan Layar dengan menekan tombol volume up dan tombol power di bagian kanan secara bersamaan. Sobat akan mendengar suara seperti memotret jika Tangkapan Layar berhasil dan layar akan menampilkan preview kecil dari tangkapan layar Sobat.

Tangkapan Layar
Ilustrasi tangkapan layar pada IPhone (Foto:engadget.com)

Untuk iPhone yang masih memiliki Home Button, Tangkapan Layar dapat dilakukan dengan menekan Home Button dan tombol Power bersamaan.

Selain itu, Sobat juga dapat meminta Siri untuk melakukan Tangkapan Layar dengan mengatakan “Hey Siri” dan lalu katakan “take a screenshot.”

Baca Juga:Cek Jangkauan Sinyal TV Digital, Bisa Lakukan 2 Cara Ini

iPad
Melakukan Tangkapan Layar di iPad tidak terlalu berbeda dengan iPhone. Jika iPad sudah tidak memiliki Home Button, maka  Tangkapan Layar dapat dilakukan dengan menekan tombol power dan tombol volume secara bersamaan.

Tangkapan Layar
Ilustrasi tangkapan layar pada IPad (Foto:engadget.com)

Jika masih ada Home Button, Sobat dapat melakukan  screenshot dengan menekan Home Button dan tombol power secara bersamaan.

Laptop Mac
Memiliki tombol yang lebih banyak, Sobat dapat melakukan screenshot dengan beberapa cara di Mac, tergantung bagian layar mana yang ingin dicuplik.

Tangkapan Layar
Ilustrasi tangkapan layar pada perangkat laptop Mac (Foto:insider)

Cara paling mudah adalah dengan menekan Shift+Command+3 pada keyboard. Cara ini akan menangkap semua bagian layar Sobat.

Jika Sobat hanya ingin men- screenshot bagian tertentu dari tampilan Sobat, tekan Shift+Command+4. Kursor mouse Sobat akan berubah menjadi crosshair kecil, yang dapat diseret untuk memilih bagian layar yang ingin Sobat cuplik.

Baca Juga:Cara Mudah Membuat Linktree Gratis Untuk Berbagi Link di Media Sosial

Apple Watch
Untuk mengambil tangkapan layar di Apple Watch, pertama-tama Sobat harus mengaktifkan fitur tersebut, baik melalui aplikasi Pengaturan di perangkat yang dapat dikenakan itu sendiri atau aplikasi Tonton di iPhone Sobat.

Tangkapan Layar
Ilustrasi tangkapan layar pada gadget Apple Watch (Fotoengadget.com)

Di Apple Watch, buka Pengaturan > Umum > Tangkapan Layar, lalu nyalakan Aktifkan Tangkapan Layar. Di iPhone yang dipasangkan, buka aplikasi Tonton, buka Apple Watch Saya > Umum, lalu gulir ke bawah dan aktifkan Aktifkan Tangkapan Layar

Hp Android
Cara paling umum untuk melakukan tangkapan layar pada perangkat Android adalah dengan menekan tombol power dan tombol volume down. Meski demikian, sejumlah Android memiliki beberapa cara lain untuk melakukan screenshot.

Tangkapan Layar
Ilustrasi tangkapan layar HP Android Samsung (Foto:allmedia)

Misalnya, perangkat Android Samsung yang memungkinkan pengguna untuk melakukan screenshot dengan mengusap layar menggunakan telapak tangan.

Sama dengan iPhone, perangkat Android juga dapat memanfaatkan Google Assistant untuk melakukan screenshot. Sobat cukup mengatakan “Hey Google” dan lalu mengatakan “take a screenshot.”

Laptop Windows
Laptop yang menggunakan sistem operasi Windows memiliki beberapa cara untuk melakukan screenshot. Cara paling mudah adalah dengan menekan tombol print screen di keyboard. Namun, metode ini memerlukan media lain untuk menempelkan gambar yang telah di-capture.

Tangkapan Layar
Ilustrasi tangkapan layar pada laptop windows (Foto:how2foru)

Sobat dapat menggunakan aplikasi seperti Microsoft Paint atau beberapa media sosial yang bisa digunakan untuk menempelkan gambar dengan menekan Ctrl+V.

Selain itu, Sobat dapat menekan tombol Windows+Shift+S untuk melakukan screenshot. Cara ini memiliki beberapa opsi tangkapan layar, yakni rectangular mode, freeform mode, windows mode, dan fullscreen mode.

Setelah melakukan tangkapan layar, preview gambar akan muncul di bagian notifikasi. Sobat tinggal mengklik preview tersebut dan memilih ikon save untuk menyimpan tangkapan layar. Semoga Bermanfaat.(**KH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *