Example 160x600
Example 160x600
Local NewsBudayaEventInspirasi

Hari Jadi Kota Pontianak ke-252, “Pontianak Bersinar”

×

Hari Jadi Kota Pontianak ke-252, “Pontianak Bersinar”

Sebarkan artikel ini
Hari Jadi Kota Pontianak ke-252
Example 468x60

Khatulistiwahits, Pontianak–Hari Jadi Kota Pontianak ke-252 tepatnya tanggal 23 Oktober 2023. Bertajuk “Pontianak Bersinar” hari jadi ini diperingati sebagai hari berdirinya Kesultanan Pontianak pada tahun 1771 Masehi.

Kota Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat yang terletak di persimpangan Sungai Kapuas dan Sungai Landak serta dilewati oleh garis khatulistiwa. Hal ini pula yang membuat Kota Pontianak dikenal dengan julukan Kota Khatulistiwa atau Kota Equator.

Kota Pontianak terletak di antara 109° 16′ 25” Bujur Timur – 109° 16′ 04” Bujur Timur dan 0° 02′ 24” Lintang Utara – 0° 05′ 37” Lintang Selatan.  Secara geografis, wilayah Kota Pontianak sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Mempawah, sementara sebelah timur, selatan, dan barat berbatasan dengan Kabupaten Kubu Raya.

Asal usul Hari Jadi Kota Pontianak

Kota ini memiliki sejarah panjang yang dimulai dari kedatangan Syarif Abdurrahman Alkadrie yang mencari kediaman baru pada tahun 1771 Masehi. Syarif Abdurrahman Alkadrie kemudian membuka sebuah hutan di persimpangan tiga sungai, yaitu Sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Kapuas. Di sana ia mendirikan balai dan rumah sebagai tempat tinggal.

Pada tanggal 24 Rajab 1181 Hijriah yang bertepatan dengan tanggal 23 Oktober 1771 Masehi, tempat tinggal tersebut menjadi cikal bakal Kesultanan Pontianak. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Pontianak.

Baca Juga: Logo Resmi Hari Jadi ke-252 Kota Pontianak Tahun 2023

Melansir laman resmi pemkot Pontianak, jelang perayaan Hari Jadi Kota Pontianak, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono bersama Forkopimda Kota Pontianak dan jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berziarah ke Makam Kesultanan Pontianak di Batulayang Kecamatan Pontianak Utara, Jumat (20/10/2023)

Rombongan disambut dengan tradisi taburan beras kuning oleh pengurus makam saat memasuki gerbang. Pembacaan Surah Yasin menjadi pembuka kegiatan ziarah Makam Kesultanan Pontianak. Kemudian dilanjutkan doa untuk para Sultan serta keluarga besar Kesultanan Pontianak.

Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, ziarah ke Makam Batulayang ini sudah menjadi agenda rutin setiap menyambut Hari Jadi Pontianak yang jatuh pada tanggal 23 Oktober tiap tahunnya.

“Ziarah ini untuk mendoakan Sultan-sultan yang pernah memimpin Kesultanan Pontianak, semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah, SWT,” ujar Edi.

Atas nama Pemkot Pontianak dan warga Kota Pontianak, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga atas jasa-jasa Sultan Pontianak yang telah mendirikan Kota Pontianak. Rasa syukur juga diungkapkannya karena Pontianak sebagai ibukota Provinsi Kalbar mengalami perkembangan yang begitu pesat.

Edi menyebut sudah sepatutnya semua lapisan masyarakat turut mendoakan serta mengenang jasa para pendiri Kota Pontianak. Banyak pelajaran yang bisa dipetik, sebagaimana Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie dengan kegigihannya mampu menjadikan Pontianak sebagai wilayah Kesultanan kala itu. Seiring berjalannya waktu, Pontianak menjadi sebuah kota yang berkembang pesat.

“Ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk membangun Kota Pontianak lebih maju lagi dan mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya seperti dilansir pontianak.go.id (20/10/2023).

Untuk merayakan hari jadinya, Kota Pontianak biasanya menggelar berbagai kegiatan dan acara yang melibatkan masyarakat dan pemerintah. Salah satu acara yang menjadi ciri khas adalah festival serta pawai budaya yang menampilkan keragaman etnis dan adat istiadat di Kota Pontianak.

Berbagai lomba juga diselenggarakan melibatkan lapisan masyarakat kota Pontianak. Untuk kalangan pelajar SD, SMP, SMA akan ada Festival Drumband Pelajar 2023, yang akan diadakan pada Minggu, 29 Oktober 2023. Event ini diselenggarakan oleh Pontianak Post dan juga didukung oleh Universitas BSI Kampus Pontianak.

Selamat Hari Jadi ke-252 Kota Pontianak.(KH)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *