Example 160x600
Example 160x600
PendidikanLocal News

Dosen Universitas BSI Bantu UMKM Keluarga Khatulistiwa Pontianak Desain UMKM Go Digital Berbasis Web

×

Dosen Universitas BSI Bantu UMKM Keluarga Khatulistiwa Pontianak Desain UMKM Go Digital Berbasis Web

Sebarkan artikel ini
Dosen Universitas BSI
Example 468x60

Khatulistiwahits, Pontianak–Dampak wabah Covid-19 yang sudah berlalu menyebabkan mobilitas masyarakat yang terbatas telah mendorong munculnya kreativitas dan inovasi. Salah satunya, kian maraknya bisnis berbasis digital.

Bagi pelaku usaha, adaptasi dan melakukan kreasi dengan pendekatan digital kini sudah merupakan keniscayaan. Bila pelaku usaha mampu beradaptasi, bahkan mampu menemukan peluang baru untuk pertumbuhan bisnisnya, merekalah yang mampu tetap survive di era digital.

Namun, kebanyakan pelaku bisnis skala ruamah tangga atau usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan ultra mikro (UMi) belumlah melek digital. Sehingga, pemanfaatan platform niaga online menjadi kurang maksimal.

Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Universitas BSI Kampus Pontianak selalu konsisten mengambil peran dalam masyarakat. Salah satunya adalah terlibat aktif dalam penelitian guna membantu masyarakat khususnya dalam menerapkan teknologi digital. Penelitian yang dilaksanakan selama periode Februari 2023 hingga Februari 2024 didanai oleh Yayasan Bina Sarana Informatika.

Tim Dosen yang terdiri Dedi Saputra selaku Ketua, Muhammad Iqbal, dan Kartika Handayani serta melibatkan dua orang mahasiswa, mencoba melakukan penelitian dengan judul: “Desain dan Implementasi UMKM Go Digital Berbasis Website Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Daya Saing dan Keberlanjutan Usaha UMKM Keluarga Khatulistiwa Pontianak”.

Penelitian ini nantinya akan menghasilkan sebuah website yang dapat dijadikan sarana bagi UMKM Keluarga Khatulistiwa Pontianak dalam proses peningkatan bisnis. Website ini juga nantinya dapat menampung UMKM-UMKM yang lebih kecil dan tersebar dalam komunitas UMKM Keluarga Khatulistiwa.

UMKM Keluarga Khatulistiwa yang beralamat di  Jl. Purnama II Gg. Nurul Hasanah No.28, Pontianak, merupakan komunitas UMKM yang memproduksi produk makanan, kerajinan yang merupakan murni Home Industry.

Menurut Agus Ramlan selaku ketua UMKM Keluarga Khatulistiwa Pontianak, hasil penelitian yang dilakukan oleh tim Dosen Universitas BSI Pontianak ini sangat membantu komunitasnya dalam memasarkan produk serta mengumpulkan para pelaku UMKM lainnya.

“website ini nantinya sangat membantu kami pelaku industri rumahtangga dalam memasarkan produk yang dihasilkan,” kata Agus kepada pewarta KH, (17/11/2023).

Agus juga berharap nantinya kerjasama ini berlanjut dalam bentuk pelatihan-pelatihan yang tekait dengan pengembangan UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital.

Dikesempatan berbeda Dedi Saputra selaku Ketua Tim penelitian mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada UMKM Keluarga Khatulistiwa Pontianak yang bersedia menjadi mitra kerjasama dalam kegiatan penelitian.

“Terima kasih kami ucapkan yang sebesar-besarnya kepada UMKM Keluarga Khatulistiwa Pontianak, yang bersedia menjadi mitra kami dalam kegiatan penelitian,” ungkap Dedi kepada KH melalui komunikasi pesan singkat, (17/11/2023).

“Semoga hasil penelitian ini nantinya dapat bermanfaat bagi UMKM Keluarga Khatulistiwa Pontianak, dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha industri rumahtangga di komunitas ini,”pungkasnya.

Penelitian ini akan terus dilaksanakan hingga menghasilkan luaran yang berupa website yang akan dihibahkan kepada UMKM Keluarga Khatulistiwa Pontianak. Terima kasih juga kami ucapkan kepada Yayasan Bina Sarana Informatika yang talah mendanai penelitian ini sehingga dapat menghasilkan luaran yang bermanfaat bagi masyarakat, tutup Dedi.(KH)