Example 160x600
Example 160x600
Pendidikan

17 Mahasiswa STEI SEBI Mengikuti Wisuda Kampus Zakat Batch 5

×

17 Mahasiswa STEI SEBI Mengikuti Wisuda Kampus Zakat Batch 5

Sebarkan artikel ini
Sebanyak 17 mahasiswa STEI SEBI Depok mengikuti wisuda Kampus Zakat Batch 5, Rabu (3/1/2024). (Foto: Dok STEI SEBI)
Example 468x60

Khatulistiwahits.com, Depok– Forum Zakat (FOZ) kembali mengadakan wisuda peserta magang Kampus Zakat pada Rabu, 3 Januari 2024. Seremoni wisuda yang ke-5 ini dilakukan secara daring dan diikuti oleh lebih dari 100 orang peserta magang dari mitra perguruan tinggi se Indonesia. Kampus Zakat merupakan program magang bersertifikasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Wisuda kali ini dilakukan untuk peserta Kampus Zakat Batch 5. Program Kampus Zakat ini terselenggara atas kolaborasi antara FOZ, Asosiasi Program Studi Ekonomi Islam Indonesia (APSEII), Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dan Perguruan Tinggi.

Dalam sambutannya, Dr. Cupian, Koordinator APSEII mengapresiasi penyelenggaran Kampus Zakat. “Selamat kepada para wisudawan/ti peserta magang Kampus Zakat Batch 5 dan terima kasih atas kolaborasi FOZ, OPZ dan APSEII atas penyelenggaraan program Kampus Zakat ini. Program ini telah memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa untuk berkegiatan di luar perkuliahan dengan terjun langsung dalam pengelolaan zakat di masing-masing OPZ,” ucap Dr. Cupian  dalam rilis yang diterima Khatulistiwahits.com.

Selain itu, sebelum pengukuhan wisudawan, Bambang Suherman selaku ketua umum Forum Zakat, memberikan refleksi dan motivasi kepada seluruh peserta wisuda untuk terus menjadi bagian dari gerakan zakat Indonesia. “Magang ini adalah paket literasi zakat yang lengkap berupa teori dan pengalaman praktik. Alumni magang harus bisa menjadi corong atau juru bicara untuk kampanye zakat dan gerakan zakat untuk masyarakat sekitar. Selain itu, pengalaman magang ini dapat dijadikan bahan penulisan tugas akhir. Terakhir, kami menunggu masukan tertulis untuk perbaikan pengelolaan magang dan pengelolaan zakat dari setiap peserta magang ini,” jelas Bambang dalam sambutannya.

Wisuda ini mengukuhkan lebih dari 100 peserta magang Kampus Zakat Batch 5 yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia, seperti Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI, UIN Jakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Untirta, UPN Veteran Jakarta, Universitas Trunojoyo, dan lainnya.

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) adalah salah satu mitra perguruan tinggi Kampus Zakat. STEI SEBI telah mengikuti program Kampus Zakat ini sejak batch 2 sebelumnya. Pada kampus zakat Batch 5 ini, terdapat 17 mahasiswa STEI SEBI yang dinyatakan diterima setelah mengikuti seleksi dan akhirnya diwisuda saat ini. Selama proses magang 1 semester ini, 17 mahasiswa STEI SEBI yang berasal dari Program Studi Akuntansi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah ditempatkan di 6 mitra OPZ. Adapun OPZ yang dimaksud adalah  PPPA Daarul Quran, LAZ Zakat Sukses, LAZ Gema Indonesia Sejahtera, FOZ, Rumah Sosial Kutub, dan LAZ UCare.

Melalui program ini, mahasiswa mengikuti kegiatan di OPZ selama 1 semester penuh dan memperoleh konversi nilai kuliah semester sebagai bentuk fasilitas dari program MBKM. Dalam rangkaian wisuda ini juga diumumkan 3 wisudawan terbaik yang berasal dari Universitas Brawijaya, Universitas Trunojoyo dan UIN Jakarta.

Baca Juga : Pemberdayaan UMKM : Mahasiswa STEI SEBI Berkontribusi  Langsung ke Dalam Bisnis Seserahan &  Mahar By Nailah Kota Bogor

Terakhir sebelum penutupan, STEI SEBI juga diberikan kesempatan untuk memberikan kesan pesan sebagai perwakilan perguruan tinggi. Dalam ucapannya, Dr. Sepky Mardian, SAS mewakili STEI SEBI mengucapkan selamat, terima kasih, permohonan maaf dan masukan perbaikan pengelolaan kampus zakat berikutnya. “Melalui momen ini, saya ingin mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan, terima kasih atas kerjasama dan kolaborasi dari semua pihak, FOZ, APSEII, mitra OPZ dan perguruan tinggi. Mewakili perguruan tinggi, saya menyampaikan apresiasi atas program MBKM kampus zakat ini karena telah membantu memberikan kesempatan kepada mahasiswa kami untuk berkegiatan di luar perkuliahan formal dan mendapat konversi nilai semester. Kami berharap pengelolaan kampus zakat berikutnya dapat lebih baik lagi,” ucap Dr Sepky yang juga merupakan ketua Program Studi Akuntansi Syariah, STEI SEBI.

Acara wisuda ditutup dengan doa dan foto bersama seluruh peserta.