Example 160x600
Example 160x600
PendidikanBeritaLocal News

Tim Hibah PM Universitas BSI Pontianak Sukses Gelar Pelatihan dan Pendampingan Bagi Home Industry Coklat Tempe

×

Tim Hibah PM Universitas BSI Pontianak Sukses Gelar Pelatihan dan Pendampingan Bagi Home Industry Coklat Tempe

Sebarkan artikel ini
Tim Hibah
Example 468x60

Khatulistiwahits, Pontianak–Tim hibah pengabdian masyarakat Universitas BSI kampus Pontianak sukses menggelar pelatihan dan pendampingan bagi UMKM coklat tempe Golden King, Sabtu (06/01/2024).

Kegiatan PKM yang didanai oleh Yayasan Bina Sarana Informatika ini merupakan kegiatan hibah yang diselenggarakan oleh Universitas BSI. Kegiatan melibatkan mitra UMKM home industry Golden King yang nantinya akan memanfaatkan luaran dari kegiatan PKM ini.

Tim hibah yang diketuai oleh Dedi Saputra menjelaskan kepada pewarta KH, bahwa kegiatan PKM ini merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Dosen yang berbentuk pengabdian kepada masyarakat, jelas Dedi.

Dalam rangka mengoptimalkan luaran dari hibah ini, tim PM mengadakan pelatihan dan pendampingan berjudul “Pelatihan dan Pendampingan Strategi Pemasaran Berbasis Web bagi Home Industry Cokelat Tempe merek “GOLDEN KING”, ujar Dedi , (06/01/2024).

Kegiatan melibatkan Dosen yang berbeda prodi sehingga dapat manambah khasanah ilmu dan wawasan, tambahnya. Selain itu kegiatan ini juga melibatkan beberapa mahasiswa yang nantinya dapat menjadi pengalaman dan manfaat bagi mahasiswa tersebut.

Kegiatan tersebut digelar pada Sabtu (06/01/2024) di Bright cafee, Pontianak, mulai pukul 09:00 – 12:00 WIB. KelompokTim dosen yang mendapatkan hibah, aktif dalam mendukung program ini dengan fokus pada strategi digital marketing.

Baca Juga: Tim PDY Universitas BSI Kampus Pontianak Hibahkan Aplikasi Untuk UMKM Keluarga Khatulistiwa Pontianak

Pada kesempatan ini, dosen yang mendapatkan program hibah dan sebagai panitia dalam pelaksanaan kegiatan yakni: Dedi Saputra, Eva Meylinda, dan Yulia.

Tim Hibah
Suasana pelatihan dan pendampingan (Foto:dok)

Salah seorang peserta Amril menuturkan, bahwa kegiatan pelatihan dan pendampingan ini sangat membantunya dalam mempromosikan produk UMKM yang dikelolanya melalui media website.

Seiring Amril, Junita Puspa Sari  selaku pemilik home industri Golden King yang beralamat di Jln. Parit Tengah Gg. Tri Melati No.1, Kec. Pontianak Barat,  Kota Pontianak, juga mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Pengabdian ini sangat membantu memecahkan solusi dari permasalahan pemasaran bagi pemasaran dan promosi produk kami coklat tempe”, kata Puspa.

“kegiatan Dosen Universitas BSI Pontianak ini sangat membantu kami dalam memberikan media pemasaran berupa website, sehingga kami dapat memasarkan produksi kami”, jelas Puspa.

Semoga dengan media website ini terjadi peningkatan pada omset penjualan kami, dan memudahkan kami dalam melakukan promosi produk dengan jangkauan yang luas, tambahnya.

Kegiatan Tim hibah PM juga bertujuan untuk mendorong UMKM melakukan transformasi digital dalam bisnis mereka guna meningkatkan daya saing dalam bisnisnya.

Tim Hibah

Kegiatan ini juga diberikan pemahaman dan pengetahuan kepada Sentra UMKM tentang Pelaporan Keuangan dengan memberikan pemahaman tentang penyusunan laporan keuangan walaupun secara sederhana.

Beberapa pelatihan penyusunan laporan keuangan langsung diberikan meterinya oleh Yulia yang juga merupakan Dosen di prodi Sistem Informasi Akuntasi.

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat terutama bagi mitra dalam meningkatkan hasil produksi dan penjualannya.(KH)