Example 160x600
Example 160x600
NewsTeknologi

Apple Berencana akan Gunakan Super Chip M2 Ultra untuk AI

×

Apple Berencana akan Gunakan Super Chip M2 Ultra untuk AI

Sebarkan artikel ini
Chip M2
Example 468x60

KhatulistiwaHits — Apple sedang bersiap untuk memasuki ranah kecerdasan buatan generatif dengan strategi yang cukup ambisius. Rencananya adalah untuk mulai mengatasi pertanyaan-pertanyaan yang kompleks dengan mengandalkan chip M2 Ultra, yang akan dijalankan di pusat data, sebelum kemudian beralih ke chip yang lebih canggih, yakni M4.

Menurut laporan dari BloombergApple berencana untuk menempatkan chip M2 Ultra ini pada server-server cloud agar dapat menjalankan pertanyaan-pertanyaan AI yang lebih kompleks.

Sementara itu, tugas-tugas yang lebih sederhana akan diproses langsung pada perangkat. Sebelumnya, Wall Street Journal telah melaporkan bahwa Apple ingin membuat chip khusus untuk dibawa ke pusat data guna memastikan keamanan dan privasi.

Apple Gunakan Chip M2 Ultra untuk AI tingkat tinggi

Proyek ini disebut sebagai Project ACDC, atau Apple Chips in Data Center. Namun, kepercayaan Apple terhadap keamanan dan privasi pada prosesor-prosesor yang sudah ada membuat rencana ini berubah.

Rencana implementasi chip ini adalah untuk diterapkan di pusat data Apple, dan kemudian secara bertahap pada server-server yang dijalankan oleh pihak ketiga. Apple sendiri mengoperasikan server-server di seluruh Amerika Serikat, dan sedang membangun pusat data baru di Waukee, Iowa, yang pengumumannya pertama kali dilakukan pada tahun 2017.

Meskipun pesaing-pesaingnya seperti Google, Meta, dan Microsoft telah memimpin dalam pengembangan AI generatif, Apple tidak mau ketinggalan. Perusahaan ini telah aktif dalam merilis riset-riset terkait teknologi ini. Pada bulan Desember, tim riset pembelajaran mesin Apple merilis MLX, sebuah kerangka kerja pembelajaran mesin yang diklaim dapat membuat model AI berjalan lebih efisien pada silikon Apple.

Baca juga : Apple Bajak Puluhan Ahli AI dari Google, Tanda Mulai Serius Ke AI!

Selain itu, Apple juga telah merilis riset-riset lain yang memberikan gambaran tentang potensi AI di perangkatnya dan bagaimana produk-produk yang sudah ada, seperti Siri, mungkin akan ditingkatkan. Chip M2

Pada pengumuman chip baru M4-nya, Apple sangat menekankan kinerja AI. Mereka menyebutkan bahwa mesin saraf baru yang dimiliki oleh M4 adalah “chip yang sangat kuat untuk AI.” Ini menunjukkan komitmen Apple untuk terus berkembang dalam bidang kecerdasan buatan, dan bahwa mereka siap bersaing dengan pesaing-pesaing utama mereka dalam hal teknologi AI.