Example 160x600
Example 160x600
Kesehatan

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Sangat Bagus Untuk Tubuh.

×

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Sangat Bagus Untuk Tubuh.

Sebarkan artikel ini
makanan 4 sehat 5 sempurna
Example 468x60

KhatulistiwaHits.com–Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang terdapat kandungan gizi lengkap di dalamnya. Kandungannya mulai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral.

Makanan 4 sehat terdiri dari beberapa jenis. Yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah-buahan. Sedangkan 5 sempurna adalah susu yang menjadi nutrisi tambahan. Awalnya, makanan 4 sehat 5 sempurna ini adalah sebuah kampanye. Kampanye yang digalakkan oleh pemerintah kepada warganya. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu ini menjadi gaya hidup bagi masyarakat.

Jenis-Jenis Makanan 4 Sehat 5 Sempurna.

makanan 4 sehat 5 sempurna.
Jenis-Jenis makanan 4 sehat 5 sempurna.(https://www.honestdocs.id/)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa makanan 4 sehat 5 sempurna akan menciptakan gizi yang seimbang dan bisa menjaga kesehatan kita. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui berbagai contoh dan makanan 4 sehat 5 sempurna.

Berikut ini adalah beberapa contoh dan makanan 4 sehat 5 sempurna.

1.Makanan Pokok.

Makanan pokok adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan pokok telah menjadi dasar dari kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Makanan yang mengandung karbohidrat memiliki peran dan manfaat sangat penting bagi tubuh manusia, yaitu sebagai energi utama. Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang paling sehat untuk tubuh. Karbohidrat kompleks terdiri dari serat serta pati yang dirangkai dalam rantai panjang yang kompleks.

Contoh dari makanan pokok yaitu nasi, ubi, kentang, singkong, dan lain-lain.

Baca Juga:Hari Gizi Dan Makanan 2023, Ciptakan Generasi Yang Sehat

2. Lauk Pauk

Selain makanan pokok, lauk pauk juga termasuk dalam jenis makanan 4 sehat 5 sempurna. lauk pauk masuk dalam kategori tersebut merupakan sumber protein yang baik. Protein adalah sebuah molekul besar yang diperlukan oleh sel. Protein diperlukan untuk sel sehingga sel dapat berfungsi dengan baik. Protein memiliki kandungan asam amino di dalamnya. Struktur-struktur serta fungsi di dalam tubuh tergantung pada bagaimana protein di dalam tubuh tersebut. Pengaturan jaringan, sel serta organ yang ada di dalam tubuh tidak akan terjadi jika tidak ada protein di dalamnya. Akan banyak kekurangan pada tubuh jika kandungan protein di dalam tubuh mengalami kekurangan.

Contoh dari lauk pauk yaitu ikan, daging sapi, tahu, tempe dan lain-lain.

3. Sayuran.

Makanan 4 sehat 5 sempurna berikutnya adalah sayuran dengan memiliki banyak warna, mulai dari oranye, hijau, merah, dan berbagai jenis kacang-kacangan. Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin A, B, dan klorofil.

Sayuran dengan warna kuning atau merah banyak mengandung vitamin A dan karoten. Sayuran dengan warna kuning dan rasa yang asam tinggi akan vitamin C, dan sayuran beraroma tajam memiliki kandungan sulfur yang tinggi.

Contoh dari sayuran yaitu kangkung, brokoli, bayam, sawi dan lain-lain.

4. Buah-Buahan.

Seperti halnya sayuran, buah-buahan juga termasuk jenis makanan 4 sehat 5 sempurna. Di dalam buah-buahan banyak terkandung serat, vitamin dan mineral esensial. Keduanya memiliki peran dan fungsi yang sangat baik untuk tubuh. Buah-buahan juga memiliki beragam antioksidan yang baik untuk meningkatkan kesehatan.

Di dalam buah-buahan juga terdapat serat yang bisa membantu kesehatan. Seperti memperlancar buang air besar dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Contoh dari buah-buahan yaitu jeruk, pisang, apel, semangka, anggur dan lain-lain.

5. Susu.

Susu adalah sumber dari kalsium, protein, fosfor dan mineral penting lainnya. Banyak manfaat yang di dapat dari minum susu. Contohnya seperti susu yang mencegah osteoporosis dan patah tulang. Selain itu, susu juga dapat mempertahankan berat badan yang ideal dan sehat.

Salah satu hal yang banyak dikaitkan dengan minum susu adalah kesehatan tulang. Hal itu karena kombinasi antara nutrisinya yang kuat. Kombinasi antara kalsium, kalium, protein dan fosfor. Di dalam produk susu berlemak penuh yang diberi makan dengan rumput juga mengandung vitamin K2. Semua nutrisi-nutrisi tersebut penting dan memiliki peran yang besar dalam menjaga kesehatan tulang.

(Ngafina Suci Ramadani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *