Example 160x600
Example 160x600
LifestyleLocal News

20 Destinasi Wisata Populer dan Kekinian di Wonogiri

×

20 Destinasi Wisata Populer dan Kekinian di Wonogiri

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

KhatulistiwaHits.com.– Destinasi wisata terhits dan kekinian tersaji disalah satu daerah yang menarik untuk dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah adalah Kabupaten Wonogiri. 

Melansir wonogirikab.go.id, secara Geografis, Kabupaten Wonogiri terletak pada posisi antara 7o32’ sampai  8o15’ Lintang Selatan (LS) serta antara 110o41’ sampai  111o18’ Bujur Timur (BT) dengan luas wilayah kurang lebih 182.236,02 Hektar atau 5,59% dari luas wilayah Provinsi Jawa Tengah dengan panjang garis pantai 7,6 km.

Posisi Kabupaten Wonogiri sangat strategis karena terletak di sebelah tenggara Provinsi Jawa Tengah dan diapit oleh Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memungkinkan berinteraksi dengan kedua provinsi tersebut. Terletak di 32 km di sebelah selatan Kota Solo, berbatasan dengan  Provinsi Jawa Timur di sebelah timur dan Samudera Indonesia di sebelah barat.

Destinasi wisata favorit tersaji di Wonogiri, beberapa diantaranya adalah air terjun atau curug, danau atau waduk, pantai hingga adanya museum yang jadi wisata edukasi. Spot-spot yang kekinian untuk para pecinta fotografi, potret keindahan alam yang memanjakan matai bisa Sobat KH temukan dengan mudah.

20 Destinasi Wisata yang Memanjakan Mata tersaji di Wonogiri

Jika Sobat KH ingin berlibur ke Wonogiri, berikut rekomendasi tempat wisata yang khatulistiwahits.com rangkum dari berbagai sumber, yang bisa dikunjungi.

  1. Bukit Cumbri

Masih dengan tempat wisata alam yang ada di Wonogiri. Namanya adalah Bukit Cumbri yang memberi pemandangan alam dengan view perbukitan. Bahkan tempat ini cukup hits di kalangan anak muda karena keunikan foto yang dihasilkannya. Rute pendakian untuk sampai di tempat ini adalah sekitar 1 jam.

Destinasi Wisata Wonogiri
Bukit Cumbri

Tempatnya berada di Kepyar, Purwantoro. Anda bisa melakukan pendakian yang menantang. Untuk mencapai puncak bukit yang eksotis ini memang membutuhkan tenaga dan kondisi tubuh yang prima.

2. Waduk Gajah Mungkur

Destinasi wisata di Wonogiri ini terbilang menjadi ikonnya. Namanya adalah Waduk Gajah Mungkur yang termasuk hits dikunjungi para wisatawan terutama ketika musim liburan. Pemandangan yang bisa Anda lihat di danau buatan ini memang tak kalah dengan wisata alam lainnya. Anda bisa berburu spot keren dan menikmati fasilitas seperti jetski, boat dan lainnya.

Destinasi Wisata Wonogiri
Waduk Gajah Mungkur yang merupakan icon Wonogiri (Foto:birobali)

Lokasinya berada di Sendang, kecamatan Wonigiri. Melihat bagaimana populernya Waduk Gajah Mungkur, Anda tak akan kesulitan untuk mencarinya. Kebanyakan warga sekitar juga telah mengenal betul dimana lokasi tempat wisata itu.

  1. Pantai Dadapan

Wisata bahari tidak pernah bisa kehilangan pesonanya, dan selalu menjadi pilihan bagi banyak orang untuk menghabiskan waktu liburan. Salah satu pantai di Wonogiri yaitu Pantai Dadapan bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai yang ada di ujung paling barat ini, merupakan pantai tapal batas antara daerah DIY dengan Wonogiri.

Destinasi Wisata Wonogiri
Pantai Dadapan (Foto:pantainesia)

Penamaan Pantai Dadapan sendiri diperkirakan karena banyaknya pohon dadap yang tumbuh di area pantai. Terlepas dari hal itu, banyaknya pohon di area pantai ini membuat suasana sekitar tidak panas. Anda bisa menikmati udara khas pantai yang begitu sejuk dengan deburan ombak yang tenang, sembari bersandar di bawah pohon dadap.

  1. Pantai Nampu

Tempat wisata berupa pantai seringkali menjadi tujuan wisata utama untuk beberapa orang. Mereka ingin menikmati pemandangan laut lepas dan berjemur di pinggir pantai. Ada hamparan pasir putih yang lembut. Pantai Nampu juga memiliki view laut yang berwarna biru.

Destinasi Wisata Wonogiri
Pantai Nampu (Foto:pantainesia)

Lokasi ada di Jalan Gunturharjo, Paranggupito. Pesona alam di pantai ini cocok untuk merefresh pikiran dan menghilangkan kepenatan. Ada pepohonan hijau yang melengkapi pemandangan pantai.

  1. Pantai Sembukan

Satu lagi pantai di Wonogiri yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Pantai Sembukan. Objek wisata ini termasuk ke dalam kawasan Geopark Gunung Sewu, sehingga Anda tidak perlu meragukan lagi keindahannya. Meski memiliki garis pantai yang sempit, Pantai Sembukan memiliki panorama alam yang tidak kalah cantik dari pantai lainnya.

Destinasi Wisata Wonogiri
Pantai Sembukan (Foto:travelz)
  1. Pantai Klothok

Pantai Klothok yang ada di daerah Desa Paranggupito, menjadi salah satu destinasi bahari yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini berada di sebelah barat, tidak jauh dari Pantai Sembukan. Dikelola oleh desa setempat, membuat objek wisata tersebut memiliki fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari warung, photo booth, dan beberapa spot foto bisa Anda temukan

Destinasi Wisata Wonogiri
Pantai Klothok (Foto:google)
  1. Pantai Karang Bang

Secara administratif, Pantai Karang Bang juga berada di Desa Gunturharjo. Sehingga jika Anda berkunjung ke Pantai Puyangan, Anda juga bisa sekaligus bertandang ke Pantai Karang Bang ini. Meski tidak memiliki pasir putih, namun keindahan dari wisata satu ini tidak bisa disepelekan. Bahkan keindahannya juga tidak kalah dari pantai pantai lainnya, dan patut untuk dijelajahi

Destinasi Wisata Wonogiri

Baca Juga:Geopark Merangin Jambi, Destinasi Wisata Alam Nan Indah Koleksi Fosil 300 juta Tahun

  1. Air Terjun Kalimas

Destinasi yang terbilang baru ini juga cukup menarik perhatian. Bagi mereka yang suka bermain air, air terjun Kalimas merupakan pilihan tepat. Ada pemandangan cantik seperti air terjun Niagara yang ada di Benua Amerika. Dengan lebar sekitar 15 m dan ketinggian 10 m, Anda bisa merasakan bagaimana kesejukan di sekitar lokasi air terjun.

Destinasi Wisata Wonogiri
Air terjun Kalimas (foto:itrip)

Letaknya ada di Dungsono, Wonokerto. Untuk mencapai lokasi wisata, Anda bisa melakukan perjalanan sekitar 10 menit saja dari Kota Wonogiri. Air terjun ini tidak jauh dari pusat

  1. Air Terjun Binangun Watu Jadah

Memiliki ketinggian kurang lebih 40 m dengan tiga aliran air, membuat Air Terjun Binangun Watu Jadah banyak diminati. Meski begitu, objek wisata yang terletak di lereng Pegunungan Lawu Selatan ini masih belum banyak yang mengetahuinya. Padahal keindahan alam yang ditawarkan sangat eksotis, berpadu dengan pepohonan rimbun di sekitarnya.

Destinasi Wisata Wonogiri
Air Terjun Binangun Watu Jadah
  1. Air Terjun Girimanik

Berada di kawasan wisata Girimanik, nantinya Anda akan disuguhi dengan pemandangan tiga air terjun yang indah dan alami. Yang pertama adalah air terjun Manik Moyo yang memiliki ketinggian 70 meter. Kedua, air terjun Moyo dengan ketinggian 30 meter dan ketiga adalah air terjun Condromoyo.

Destinasi Wisata Wonogiri
Air Terjun Girimanik (Fototriawardani)

Lokasinya berada di Setren, Slogohimo tepatnya di Kabupaten Wonogiri. Pesona alam dari tempat wisata ini cocok untuk mereka yang ingn hunting foto. Suasana di sekitar lokasi wisata juga terasa sejuk.

  1. Air Terjun Jurug Kemukus

Meski memang tak mudah mencapai lokasi Air Terjun Jurug Kemukus tetapi sesampainya disana Anda tak akan merasa menyesal. Cocok untuk para wisatawan yang suka berpetualang. Rasa lelah di perjalanan bisa hilang karena adanya pesona keindahan di air terjun. Suasana alam disana membuat pikiran jadi lebih adem.

Destinasi Wisata Wonogiri
Air Terjun Jurug Kemukus (Foto:tribunjogja)

Lokasinya berada di Dusun Ngijo tepatnya di Desa Purwoharjo. Jangan lupa membawa bekal untuk perjalanan. Pastikan kondisi tubuh fit dan prima saat melakukan perjalanan menuju lokasi.

  1. Telaga Rowo Batuwarno

Objek wisata lain yang tidak boleh Anda lewatkan di Wonogiri yaitu Telaga Rowo Batuwarno. Destinasi ini bahkan cukup populer baik di kalangan warga setempat maupun wisatawan. Bahkan telaga tersebut terlihat tidak pernah sepi, dan selalu dipadati oleh pengunjung meski di luar musim liburan dan akhir pekan sekalipun.

Destinasi Wisata Wonogiri
Telaga Rowo Batuwarno (foto:jawatravel)

Selain menikmati keindahan dan kesejukan dari tempat wisata, di sini Anda juga bisa melakukan kegiatan seru seperti memancing. Namun penduduk luar daerah tersebut diwajibkan membayar jika ingin memancing, sebab ikan yang ada di telaga merupakan usaha peternakan air tawar yang dimiliki oleh penduduk sekitar.

  1. Telaga Claket Wonogiri

Apabila Anda ingin berlibur tanpa harus merasa lelah karena perjalanannya, Anda bisa memilih mengunjungi Telaga Claket Wonogiri. Tempat wisata ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan foto. Misalnya seperti kepentingan prewedding. Ada nuansa alam yang sejuk dan romantis di sana.

Destinasi Wisata Wonogiri
Telaga Claket Wonogiri (Foto:supertive.id)

Lokasinya berada di Sendangijo, Selogiri. Tidak hanya refreshing atau berburu foto, Anda juga bisa memancing atau outbound di Telaga Claket. Kondisi alamnya masih terjaga dan memiliki hawa sejuk.

  1. Goa Putri Kencono

Namanya adalah Goa Putri Kencono. Goa ini memberi pengalaman liburan yang menyenangkan. Terutama untuk mereka yang suka berpetualang maka harus memasukkannya ke dalam daftar tempat wisata di Winogiri yang harus dikunjungi. Keindahan alam yang ada di dalam goa memang mengagumkan.

Destinasi Wisata Wonogiri
Goa Putri Kencono

Lokasi Goa berada di Desa Wonodadi, Pracimantoro. Salah satu daya tarik terbesarnya adalah rangkaian stalagtit dan stalagmit yang ada di sepanjang lorong. Tempat wisata yang cocok dikunjungi untuk berjelajah.

15. Puncak Secokro

Nama Puncak Secokro mungkin sudah tidak asing bagi sebagian orang. Terutama Anda yang ingin datang ke Wonogiri, tempat wisata ini merupakan menara pandang yang bisa Anda kunjungi. Sama halnya dengan objek wisata lainnya, Puncak Secokro ini memiliki panorama yang cantik dari atas ketinggian. Ada bukit-bukit yang berjejer dan juga pepohonan hijau yang seolah menjadi daya tarik utama dari tempat ini.

Destinasi Wisata Wonogiri
Puncak Secokro

Lokasinya berada di Sumberrejo, Bakalan. Tidak hanya mendirikan gardu pandang sebagai tempat selfie atau sekadar duduk untuk menikmati udara yang segar. Cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Baca Juga: Provinsi Aceh Daerah Berjuluk Serambi Mekah Yang Memiliki Pesona Memikat

  1. Puncak Joglo Wonigiri

Destinasi wisata yang cukup hits ini juga sayang untuk dilewatkan. Namanya adalah Puncak Joglo Wonogiri yang bahkan dikunjungi oleh warga Sragen. Terutama mereka yang datang untuk berburu selfie.

Destinasi Wisata Wonogiri
Puncak Joglo Wonigiri (Foto:desasendang)

Lokasinya berada di Kembang, Kelurahan Sendang. View tempat wisata ini juga langsung menghadap gunung Cancep yang menjadi andalan utama sambil menunggu sunset.

  1. Menara Pandang Soko Gunung

Melihat keindahan Wonogiri dari ketinggian tentu tidak boleh Anda lewatkan. Untuk merasakan sensasi ini, Anda bisa berkunjung ke Menara Pandang Soko Gunung yang ada di Desa Soko Gunung. Menara pandang ini dibagi dalam 2 tempat, keduanya menyajikan bentang alam yang begitu rupawan dan sangat indah.

Destinasi Wisata Wonogiri
Menara Pandang Soko Gunung (Foto:itrip)
  1. Museum Wayang Indonesia

Berlibur sambil belajar dan menambah wawasan dapat dijadikan alternatif. Hal ini bisa dilakukan dengan mengunjungi Museum Wayang Indonesia. Apalagi koleksi wayang yang cukup lengkap akan membuat Anda makin mengenal kebudayaan warisan dari nenek moyang. Mengunjungi museum ini menjadikan kita makin cinta terhadap budaya bangsa dan bangga untuk tetap memilikinya.

Destinasi Wisata Wonogiri
Museum Wayang Indonesia (Foto:ensiklopedi.indonesia)

Museum Wayang Indonesia berada di Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Ada banyak koleksi di dalam museum sehingga cocok untuk para pelajar yang ingin menambah wawasan. Museum ini merupakan wujud dari upaya pelestarian budaya bangsa

Baca Juga: Danau Maninjau, Tanah Kelahiran Buya Hamka yang Menyimpan Sejuta Pesona Alam Nan Indah

  1. Museum Karst Wonogiri

Wonogiri terkenal dengan beberapa destinasi wisata keluarga seperti museum. Tidak hanya museum wayang tetapi ada juga museum karst. Para pengunjung akan diajak untuk mengenal banyak jenis batuan karst yang bisa menambah pengetahuan. Anda juga bisa mendapat informasi mengenai sejarah goa-goa dengan gambaran kehidupan pada zaman purba.

Destinasi Wisata Wonogiri
Museum Karst Wonogiri (Foto:kanal wisata indonesia)

Lokasi museum berada di Desa Gebangharjo, Pracimantoro. Wisata yang sangat tepat untuk dikunjungi bersama anak-anak. Selain menyenangkan, museum ini tentu menjadi tempat wisata edukasi.

  1. Sendang Asri Wonogiri

Tempat wisata yang ada di Wonogiri berikutnya adalah Sendang Asri. Ada fasilitas dan wahana yang disediakan dan memang terbilang cukup lengkap. Ada taman satwa, kolam renang hingga waterboom.

Destinasi Wisata Wonogiri
Sendang Asri Wonogiri (Foto:travelz)

Lokasinya berada di Jalan Raya Wonogiri Desa Sendang. Lokasinya tak jauh dari Waduk Gajah Mungkur. Tempat wisata yang cukup mengesankan untuk liburan di Wonigiri.

Demikian beberapa Destinasi Wisata yang favorit dan kekinian yang ada di Kabupaten Wonogiri. Kira-kira mana nih yang jadi tempat favorit buat Sobat KH kunjungi?.(*/DST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *