Example 160x600
Example 160x600
KulinerLifestyle

Nuansa Libur Akhir Tahun 2022 Sambil Nikmati Kuliner Khas Sumedang

×

Nuansa Libur Akhir Tahun 2022 Sambil Nikmati Kuliner Khas Sumedang

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

KhatulistiwaHits.com–Nuansa libur di Kota Sumedang, pastinya sobat ketahui adalah tahu. Namun tahukah Sobat bahwa bukan hanya itu kuliner yang dapat dinikmati di Kota Sumedang.

Masih banyak jenis kuliner lain yang ditemui ketika mengunjungi kota dengan julukan Paradijs Van Java yang artinya Surga dari Jawa ini.

Sumedang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memilki banyak sekali objek wisata. Sebagian besar berupa wisata alam, wisata sejarah, edukasi, dan tentunya wahana permainan, dan tak kalah menariknya adalah wisata kulinernya.

Mengunjungi Sumedang ketika berwisata kurang lengkap jika belum menikmati sajian kuliner khasnya.

Nuansa Libur Akhir Tahun Menikmati Wisata Kuliner Khas Sumedang Kota Paradijs Van Java 

Berikut adalah beberapa kuliner yang dapat Sobat nikmati saat berlibur ke Kota Sumedang :

1. Soto Bongko

Banyak kuliner khas Indonesia yang memiliki nama sama, seperti soto misalnya. Sobat mungkin sudah mengetahui Soto Lamongan, Soto Banjar, Soto Kudus, dan lainnya.

Meski namanya sama, namun masing-masing memiliki ciri khas dan keunikan. Baik dari segi bahan yang digunakan maupun cara penyajiannya.

Baca Juga: Kuliner Tahu Tauhid Lembang Nan Gurih dan Lezat Oleh-oleh Khas Bandung

Soto Bongko adalah makanan khas Sumedang yang sangat nikmat, di tempat lain jarang ditemukan kuliner ini.

Nuansa Libur
View udara alun-alun Sumedang (Foto:kliknusae)

Untuk itulah hingga saat ini rasanya masih autentik dan tidak berubah dari dulu. Berbeda dengan jenis soto pada umumnya yang dinikmati dengan nasi, soto ini disajikan dengan lontong. Tambahan toping berupa taoge dan tahu sumedang menjadi ciri khasnya.

2. Peuyeum Singkong

Peuyeum Singkong biasanya digunakan sebagai oleh-oleh khas Sumedang yang tidak pernah dilewatkan wisatawan.

Termasuk makanan pengganjal perut atau camilan, Peuyeum terbuat dari bahan utama berupa singkong.

Namun bukan sembarang singkong tentunya, karena yang dipilih hanya singkong dari jenis mentega yang rasanya jauh lebih manis dan teksturnya lembut.

Jenis makanan ini hampir mirip dengan tape, proses pembuatannya pun menggunakan ragi. Perbedaannya terlihat dari bentuk, Peuyeum dibuat utuh layaknya singkong yang dipotong. Selain itu, tingkat kematangan nya juga berbeda.

Jika tape teksturnya lembek, kali ini lebih padat. Sederhananya, Peuyeum adalah tape yang dibuat setengah matang.

3. Asinan Khas Sumedang

Berikutnya ada asinan yang merupakan makanan khas Sumedang. Memang ada banyak asinan yang ditemui di tempat lain, namun semuanya memiliki citarasa yang berbeda.

Di Sumedang, asinan terbuat dari dua bahan yang dapat dipilih sesuai selera. Bahan pertama yaitu asinan buah, terdiri dari kedondong, mangga, salak, bengkuang, dan lainnya.

Jika Sobat tidak suka dengan asinan buah, ada pilihan lain yang mungkin Sobat suka. Jenis yang dimaksud yakni asinan sayur.

Segala jenis sayur bisa digunakan untuk membuat makanan ini. Namun yang paling umum yaitu mentimun, wortel, kol, dan taoge.

Semua bahan yang telah disiapkan kemudian disiram dengan kuah asinan yang menyegarkan.

4. Sale Pisang Manis

Suka dengan olahan makanan dari bahan dasar pisang? kuliner satu ini wajib dicicipi, Sale Pisang Manis khas Sumedang. Makanan ini banyak ditemukan di toko oleh-oleh, harganya pun tidak terlalu mahal.

Pisang yang digunakan berkualitas tinggi, misalnya pisang kepok atau pisang raja. Kedua jenis ini dipilih karena rasanya manis dan teksturnya tidak berserat.

Cara pengolahan sale pisang sangat mudah dan sederhana, Sobatpun sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah.

Namun soal rasa tentu tidak seperti ketika Sobat membelinya di Sumedang. Perpaduan antara rasa manis dan renyah di bagian luar menjadi ciri khas dari kuliner yang lumayan bertahan lama ini.

5. Tahu Sumedang

Sebelumnya telah disinggung bahwa makanan khas Sumedang yang paling populer adalah tahu. Tidak berlebihan tentunya, karena saat ini pun Sobat bisa mendapatkannya di tempat lain.

Tidak harus di Sumedang jika ingin menikmati kelezatan nya, banyak kota besar di Indonesia yang sudah menjual kuliner ini.

Perbedaan Tahu Sumedang dengan tahu lainnya yakni dari teksturnya yang lebih empuk.

Cara pengolahannya pun berbeda, kali ini menggunakan bumbu dan rempah khusus yang membuat rasanya gurih dan nikmat. Menyantap makanan ini semakin lengkap dengan bumbu petis dan cabai hijau.

6. Bandrek Sumedang

Bukan hanya makanan, minuman khas Sumedang juga tidak boleh dilewatkan.

Bandrek adalah jenis minuman yang terdiri dari berbagai bahan, terutama dari rempah-rempah.

Minuman ini sangat digemari ketika cuaca dingin karena mampu menghangatkan tubuh dengan cepat. Bagaimana tidak, bahan yang digunakan diantaranya adalah jahe, serai, dan daun pandan.

Semua bahan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi minuman yang nikmat. Selain rasanya yang nikmat dan membuat tubuh hangat, minuman ini juga memiliki kandungan gizi yang tinggi jika dilihat dari bahan yang digunakan.

Untuk dapat menikmatinya tidak harus mengeluarkan banyak uang, karena Bandrek dijual dengan harga yang murah.

7. Opak Ketan

Makanan khas Sumedang dari jenis oleh-oleh berikutnya adalah Opak Ketan. Tidak umum tentunya, karena biasanya opak terbuat dari tepung terigu.

Faktanya, keunikan ini membuat opak ketan menjadi lebih mudah terkenal. Apalagi soal rasa boleh diadu dengan opak yang ada di tempat lain. Rasa gurihnya tidak terkalahkan, begitu juga perpaduan rasa manisnya.

Camilan ini terbuat dari dua bahan utama, yakni beras ketan dan santan kelapa.
Rasa gurih dihasilkan dari bahan santan kelapa, sedangkan rasa manisnya dari gula putih.

Teksturnya yang renyah membuat siapa saja menyukai makanan ringan ini. Tidak terlalu alot, jadi usia lanjut pun bisa menikmatinya.

Itulah beberapa makanan khas Sumedang yang dapat menambah warna dalam menikmati liburan akhir tahun. (**KH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *