Example 160x600
Example 160x600
Budaya

Tuma, Merupakan Alat Musik Khas Kalimantan yang Mampu Berkolaborasi Dengan Musik Modern Beranda Budaya.

×

Tuma, Merupakan Alat Musik Khas Kalimantan yang Mampu Berkolaborasi Dengan Musik Modern Beranda Budaya.

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Khatulistiwahits.com–Tuma alat musik khas Kalimantan Barat. Alat musik Tuma memiliki jenis bunyi atau suara Membranofon yang mana bentuknya mirip seperti gendang panjang. Tuma tersebut terbuat dari bahan dasar kayu berdiameter 20-25 centimeter dan panjang satu meter, sebagai kerangkanya untuk membrannya terbuat dari kulit lembu.

tuma.alat musik
Tuma, Alat Musik Khas Kalimantan)https://mblogmusik.blogspot.com)

Dalam jurnal Pola Tabuhan Tuma’ dalam Ritual Basuayak Suku Dayak Kanayatn di Desa Capkala Kecamatan Capkala Kabupaten Bengkayang (2019) karya Arbilianto dan teman-teman.Alat musik tersebut menggunaan kulit kijang muda ini bertujuan supaya suara yang dihasilkan nyaring. Tuma sering digunakan dalam upacara ritual dan untuk pengiring tarian daerah. Contohnya tuma sering digunakan dalam kesenian Jonggan dan upacara ritual Basuayak. Orang yang memainkan tuma sering disebut dadalang atau dadalan.

Baca Juga:5 Menu Makanan Sehat Khas Kalimantan Barat

Cara Memainkan Alat Musik Tuma.

Cara memainkan Tuma adalah dengan cara dipukul. Biasanya digunakan untuk mengiringi tarian daerah yang dimainkan bersamaan dengan instrumen tradisional lainnya.

Fungsi Alat Musik Tuma.

Alat musik tradisional ini berfungsi sebagai pemangku irama atau pemberi ketukan pada lagu. Posisi tangan saat memainkan tuma sangat mempengaruhi warna bunyi alat musik ini. Misalnya posisi telapak tangan yang agak ke tengah dan agak cembung menggunakan empat telapak tangan, akan menghasilkan bunyi ‘tung’. Sedangkan bunyi ‘tak’ akan dihasilkan ketika posisi telapak tangan berada agak ke tepi dan datar.

 

(Ngafuna Suci Ramadani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *