Example 160x600
Example 160x600
InspirasiTak Berkategori

HUT Gerakan Pramuka Indonesia ke-62,“Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”.

×

HUT Gerakan Pramuka Indonesia ke-62,“Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”.

Sebarkan artikel ini
logo hut pramuka ke 62
Example 468x60

Khatulistiwahits.com– Hut gerakan pramuka indonesia ke 62. Tema global Hari Pramuka 2023 tahun ini yaitu “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”. Tema besar tersebut disebutkan dalam SK Kwarnas Nomor:068 tentang Logo 62 tahun gerakan Pramuka

Penggunaan tema ini masih berkaitan erat dengan logo Hari Pramuka 2023.

Dalam SK tersebut disebutkan, bahwa Gerakan Pramuka adalah Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tanggal 20 Mei 1961.

Gerakan pramuka kemudian dikukuhkan dengan Undang-undang (UU) RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang dibentuk oleh, dari, dan untuk Pramuka sebagai perkumpulan berbadan hukum dalam rangka menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.

Lebih lanjut, dijelaskan dalam memperingati Hari Pramuka Tahun 2023 perlu menetapkan Logo 62 Tahun Gerakan Pramuka melalui surat keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

HUT Gerakan Pramuka Indonesia ke-62.
HUT Gerakan Pramuka Indonesia ke-62.

Kenapa Tanggal 14 Agustus diperingati Sebagai Hari Pramuka?

Sejarah Hari Pramuka Indonesia 14 Agustus berawal dari peresmian Gerakan Pramuka oleh Presiden Soekarno di Istana Negara pada 1961.
Pada momen tersebut, Presiden Soekarno menyerahkan Panji Gerakan Pramuka kepada Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Baca Juga: Badai Besar Tak Terjadi di Daerah Khatulistiwa, Ini Alasan Ilmiahnya

Setelah itu, Sri Sultan Hamengku Buwono IX juga dipilih menjadi Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk periode pertama.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka. Momen tersebut juga dikenal sebagai Hari Permulaan Tahun Kerja.

(Ngafina Suci Ramadani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *