Example 160x600
Example 160x600
EventInspirasiPendidikan

Komite Publikasi dan Media Sosial MAFINDO Sukses Gelar Workshop Ngonten Bareng

×

Komite Publikasi dan Media Sosial MAFINDO Sukses Gelar Workshop Ngonten Bareng

Sebarkan artikel ini
Komite Publikasi dan Media Sosial
Example 468x60

Khatulistiwahits–Komite Publikasi dan Media Sosial merupakan salah satu Komite yang ada di Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) merupakan organisasi masyarakat sipil yang concern terhadap pemberantasan konten informasi negatif atau berita hoaks.

Guna meningkatkan kemampuan serta keterampilan para relawannya, Mafindo melalui Komite Publikasi dan Medsos menggelar Workshop bertajuk “Ngonten Bareng Belajar Canva dan Capcut”, pada Sabtu, 14 Oktober 2023 secara virtual melalui aplikasi ZOOM.

Kegiatan yang dihadiri oleh 92 orang relawan sebagai peserta, menghadirkan nara sumber seperti Syafiq Pontoh (anggota utama Mafindo yang juga Chief Strategy Officer Provetic), Silma Agbas (Ketua Komite Publikasi dan Medsos Mafindo), dan Jawaheru Sultoni (Anggota Komite Publikasi dan Medsos Mafindo).

Untuk berlangsungnya kegiatan ini dengan baik, para peserta juga didampingi oleh para fasilitator dari Komite Publikasi dan Media Sosial Mafindo, diantaranya Benni Eka Putra, Tarra Qotrunnanda, Dedi Saputra, Fiskal Purbawan, Arya Budi Sutopo, Healza Kurnia H dan Riap Windhu.

Komite Publikasi dan Media Sosial
Tangkapan Layar: Suasana workshop materi Canva oleh pemateri Secara Virtual

Kegiatan diawali dengan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi oleh Ketua Presidium Mafindo, Septiaji Eko NugrohoMelalui sambutannya Septiaji menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Komite Publikasi dan Medsos, yang telah menyelenggarakan kegiatan workshop Ngonten Bareng.

“Saya sangat mengapresiasi serta berterima kasih, dengan kegiatan ini seluruh relawan dapat menambah keterampilan seerta wawasannya dalam berkreasi untuk mengimbangi banyaknya Hoaks yang semakin berseliweran”, kata Septiaji.

“Semoga kegiatan ini tetap terus berlanjut dan membuat para relawan semakin kreatif dan selalu menjadi garda terdepan melawan Hoaks”, pungkasnya.

Workshop diawali materi tentang Eksplorasi Ide Konten dari Syafiq Pontoh. Materi yang bercerita bagaimana seorang konten kreator dapat mengekplor ide dan kreativitasnya, sehingga konten yang disajikan menarik dan mendapatkan banyak follower. Syafiq juga mencontohkan bagaimana untuk menarik follower secara ril dan mengikuti algoritma dari sebuah medsos.

Beragam tanggapan dari peserta terkait materi dari Syafiq Pontoh yang luar biasa. Peserta banyak yang merasa baru mengetahui bahwa dunia medso itu mempunyai algoritma yang sebenarnya dapat diikuti dan dipelajari. “Semua tutorial disetiap platform medsos telah tersedia, tinggal kita yang mengeksplornya”, terang Syafiq.

Materi kedua terkait workshop penggunaan media Canva untuk desain grafis maupun video. Materi dibawakan langsung oleh Silma Agbas yang secara atraktif dan menarik membawakan materi sekaligus praktik. Materi yang dibawakan sangan mendasar sehingga mudah dipahami oleh para peserta. Setelah itu masing-masing peserta akan dipandu oleh failitator yang telah siap di ruang Breakout Room.

Komite Publikasi dan Media Sosial
Tangkapan Layar: Suasana presentasi dan review materi Canva oleh pemateri Silma Agbas

Di ruang Breakout, para peserta membentuk kelompok, mulai mempraktekkan apa yang telah mereka dapatkan tentang materi canva, dengan difasilitasioleh para fasilitator yang telah ditunjuk. Terlihat antusiasme peserta dalam membuat desain sesuai masing-masing kreasi.

Baca Juga: HIMASA Edukasi Masyarakat Tolak Hoaks Dengan Boardgame Fandom

Setelah kembali ke ruang utama, hasil dari masing-masing kelompok akan dipilih dan di review langsung oleh pemateri. Karya yang terbaik akan mendapatkan reward dari panitia.

Masuk ke materi ketiga, tentang penggunaan platform aplikasi Capcut yang dibawakan oleh Jawaheru Sultoni. Berbagai tutorial singkat yang disuguhkan Toni bagi para peserta, sekaligus mempraktekkannya di Breakout Room.

Hasil dari kreasi peserta kemudian dipresentasikan dan direview oleh pemateri. Banyak kreasi yang luar biasa tercipta dari para peserta.

Keegiatan ditutup dengan pengumuman peserta yang mendapatkan reward dari panitia, selanjutnya ditutup langsung oleh Silma Agbas selakuk ketua Komite Publikasi dan Media Sosial Mafindo. “Semoga workshop kali ini dapat bermanfaat dan peserta dapat mempraktekkannya untuk menciptakan kreasi konten yang bermanfaat bagi masyarakat”, pungkas Silma.(KH/DST)

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *