Example 160x600
Example 160x600
TeknologiNews

Pengguna Google Drive Untuk Desktop Keluhkan Kehilangan File

×

Pengguna Google Drive Untuk Desktop Keluhkan Kehilangan File

Sebarkan artikel ini
Pengguna Google Drive
Example 468x60

Khatulistiwahits–Pengguna Google Drive untuk Desktop dilaporkan mengalami kehilangan file berbulan-bulan. Google sedang menyelidiki dan memperingatkan orang-orang untuk tidak mengutak-atik folder data untuk sementara waktu.

Disebutkan Perusahaan Google sedang menyelidiki laporan dari pengguna Google Drive yang mengklaim bahwa file pribadi mereka secara tak terduga menghilang dari layanan cloud.

Pengakuan adanya masalah ini terungkap dalam sebuah thread dukungan komunitas pengguna Google yang baru dan meyakini bahwa masalah ini melibatkan “subset terbatas” dari Google Drive untuk pengguna aplikasi desktop. Google mencatat bahwa ini adalah masalah sinkronisasi untuk Google Drive desktop versi 84.0.0.0 hingga 84.0.4.0.

Melansir The Verge,(28/11/2023), salah satu pengguna yang kehilangan semua data Google Drive mereka sejak bulan Mei, menemukan kejutan yang tidak diinginkan minggu lalu dan menyampaikan keluhannya ke situs dukungan komunitas Google, seperti yang dilaporkan oleh The Register.

Tim dukungan Google, seperti yang dijelaskan oleh pengguna tersebut, memandu mereka melalui proses pemulihan data, termasuk mencoba membuat cadangan dan memulihkan folder DriveFS, tetapi tidak berhasil.

Saat ini, thread tersebut memiliki 192 pengguna yang mengklik tombol “Saya memiliki pertanyaan yang sama” dan memiliki beberapa komentator yang panik dengan masalah yang sangat mirip. Seorang pengguna mengatakan bahwa “orang IT” mereka tidak dapat menemukan jejak file apa pun, dan pengguna lainnya mengatakan bahwa Google meminta ekspor data diagnostik drive mereka.

Baca Juga: Google Meet Menambahkan Filter ‘Kecantikan’ di Fitur Video Call

Seorang anggota tim Google Drive bernama Saitej memposting peringatan yang memberitahu pengguna untuk tidak mengklik “putuskan akun” di Google Drive untuk desktop. Mereka juga memperingatkan agar tidak menghapus atau memindahkan folder data aplikasi, yang terletak di:

Windows: %USERPROFILE%\AppData\Local\Google\DriveFS
macOS: ~/Library/Dukungan Aplikasi/Google/DriveFS

Saitej juga merekomendasikan pengguna untuk membuat salinan cadangan folder aplikasi di tempat lain, untuk berjaga-jaga.(KH**)