Example 160x600
Example 160x600
Example 468x60
KesehatanBerita

Hati-hati! Ini 7 Bahaya Akibat Minum Kopi Susu Setiap Hari!

×

Hati-hati! Ini 7 Bahaya Akibat Minum Kopi Susu Setiap Hari!

Sebarkan artikel ini
kopi susu
foto: otten coffee
Example 468x60

 

Kharulistiwahits– Kopi susu, merupakan minuman yang sering dijumpai dan telah menjadi minuman yang sangat populer di seluruh dunia. Campuran kopi dan susu ini memberikan rasa yang lezat dan kafein yang memberikan energi tambahan. Tetapi, dibalik kenikmatannya tersebut terdapat bahaya yang tersimpan dari kopi yang dicampur susu ini.

Bagaimana bisa? Apa saja bahayanya? Di sini kami telah merangkumnya dari beberapa sumber menjadi 7 bahaya terlalu sering mengonsumsi kopi susu setiap hari. Berikut adalah beberapa risiko kesehatan yang perlu kamu ketahui:

Baca juga:Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Sangat Bagus Untuk Tubuh.

Bahaya akibat terlalu sering minum kopi susu

1. Ketergantungan pada kafein

Kopi susu mengandung kafein, yang merupakan zat adiktif. Mengonsumsi kafein terlalu sering dapat menyebabkan ketergantungan, di mana tubuh kamu akan menjadi terbiasa dengan kafein dan memerlukannya untuk tetap merasa terjaga dan fokus.

Ketergantungan pada kafein ini dapat menyebabkan gejala penarikan jika suatu saat kamu berhenti untuk mengonsumsinya. Kamu akan merasakan gejala-gejala seperti sakit kepala, kelelahan, dan iritabilitas.

2. Gangguan tidur

Kemudian, kafein dalam kopi susu dapat mengganggu pola tidur jika kamu konsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur. Kafein juga dapat membuatmu sulit untuk tertidur nyenyak. Gangguan tidur yang terus-menerus ini dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti kelelahan kronis, gangguan mood, dan penurunan kinerja kognitif.

3. Gangguan lambung

Selain itu, kopi susu mengandung asam klorogenat yang dapat meningkatkan produksi asam lambung dalam lambungmu. Jika kamu memiliki masalah lambung seperti maag atau refluks asam, mengonsumsi kopi susu terlalu sering dapat memperburuk kondisimu dan menyebabkan gejala yang tidak nyaman seperti sakit perut, mulas, dan ketidaknyamanan gastrointestinal lainnya.

4. Kenaikan berat badan

Kopi susu sering kali mengandung tambahan gula, sirup, atau krim yang tinggi kalori. Mengonsumsi minuman yang kaya kalori seperti ini terlalu sering dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan, apalagi jika tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup yang aktif. Kenaikan berat badan yang signifikan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya.

Baca juga:Apa Itu Virus Rabies? dan Cara Menanggulanginya Seperti Apa

Kopi susu memang minuman yang nikmat dan menyegarkan, tetapi juga bisa jadi bahaya bagi tubuh kita. Penting juga untuk memperhatikan jenis kopi susu yang akan kamu konsumsi, serta jumlah gula dan kalori yang terkandung di dalamnya.

Menggantikan kopi susu dengan minuman yang lebih sehat seperti teh herbal atau air putih juga bisa menjadi alternatif yang baik bagi kesehatanmu. Selain itu, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika kamu memiliki kekhawatiran tentang mengonsumsi kopi susu dan dampaknya pada kesehatan. Semoga bermanfaat!

(Nada)