Example 160x600
Example 160x600
Example 468x60
Inspirasi

Inspirasi Jumat : Keistimewaan Puasa Ramadan di Hari Jumat

×

Inspirasi Jumat : Keistimewaan Puasa Ramadan di Hari Jumat

Sebarkan artikel ini
Inspirasi Jumat
Example 468x60

Khatulistiwahits– Inspirasi Jumat: Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang sangat istimewa dalam Islam. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa disisi Allah SWT yang melimpahkan berbagai keutamaan dan keberkahan yang tiada habisnya bagi umat Islam yang merayakannya.

Namun, ada satu hari di bulan Ramadhan yang mendapatkan prioritas khusus dibandingkan hari lainnya, yaitu hari Jumat. Hari Jumat memiliki posisi yang sangat penting dalam Islam dan dianggap sebagai hari yang mulia. Dalam banyak hadits, Rasulullah SAW menyebutkan keutamaan hari Jumat dan menyeru umatnya untuk memperkuat amalan keagamaan pada hari tersebut. Ketika hari Jumat bersinggungan dengan bulan Ramadan secara langsung, keistimewaan tersebut juga bertambah besar.

Inspirasi Jumat : Keistimewaan Hari Jumat pada Puasa Ramadan

Berikut adalah beberapa keistimewaan puasa Ramadan di hari Jumat:

1. Pahala yang Melimpah

Dikutip dari Detik.com, dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik hari tempat matahari terbit adalah hari Jumat; pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari itu dia dikeluarkan dari surga (setelah dia makan dari pohon yang dilarang); serta hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (Muslim)

Baca juga : Inspirasi Jum’at: Amalan Kebaikan Peneguh Kehidupan

Dari hadis ini, kita dapat memahami betapa mulianya hari Jumat di mata Allah SWT. Apabila pada hari tersebut seseorang menjalankan puasa Ramadan, maka pahalanya akan dilipatgandakan.

 2. Diterimanya Doa

Hari Jumat juga merupakan waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW bersabda, “Ada saat pada hari Jumat di mana seorang hamba Muslim tidak akan berdoa kepada Allah SWT untuk sesuatu selain dari yang melibatkan dosa atau pemutusan hubungan kekeluargaan, kecuali Allah akan memberikan apa yang diminta kepadanya selama tidak meminta sesuatu yang haram.” (Bukhari dan Muslim)

Dengan menjalankan puasa Ramadan di hari Jumat, umat Muslim memiliki kesempatan yang besar untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT, serta mendapatkan berbagai keberkahan.

 3. Mendapatkan Keampunan 

Pada hari Jumat, Allah SWT juga menurunkan rahmat-Nya kepada umat-Nya. Rasulullah SAW bersabda, “Setiap orang Muslim yang mandi pada hari Jumat, mengenakan minyak wangi jika ada, mengenakan pakaian terbaiknya, kemudian berangkat ke masjid dan mendengarkan khotbah dengan baik, Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang di antara hari Jumat ini dan Jumat berikutnya, serta tiga hari tambahan.” (Muslim)

Dengan menjalankan puasa Ramadan di hari Jumat, umat Muslim memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan ampunan Allah SWT dan membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan.

Baca juga : Inspirasi Jum’at: Kisah Seekor Ular dan Gergaji

Puasa Ramadan di hari Jumat adalah suatu kesempatan emas bagi umat Muslim untuk mendapatkan pahala yang melimpah, doa yang diijabah, serta ampunan dari Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya setiap kesempatan yang Allah berikan kepada kita, termasuk keistimewaan puasa Ramadan di hari Jumat, untuk mendekatkan diri kepada-Nya dan meningkatkan kualitas ibadah kita. Semoga kita semua diberi kekuatan dan keberkahan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan di setiap hari, terutama di hari Jumat. Aamiin.