Example 160x600
Example 160x600
Example 468x60
BeritaTeknologi

Arab Saudi Perkenalkan Sarah, Robot Humanoid yang Cantik Jelita

×

Arab Saudi Perkenalkan Sarah, Robot Humanoid yang Cantik Jelita

Sebarkan artikel ini
arab saudi
Sumber : Youtube (Cosmos Event)
Example 468x60

KhatulistiwaHits – Kehadiran Sarah, robot humanoid asal Arab Saudi, berhasil mencuri perhatian dunia. Selain memiliki wajah yang cantik jelita, Sarah juga mencerminkan nilai-nilai tradisi yang dianut oleh perempuan Timur Tengah. Sarha merupakan hasil karya dari QSS AI & Robots yang berbasis di Riyadh. Ia merupakan simbol dari perpaduan antara kemajuan teknologi dan batasan nilai-nilai sosial tradisional, terutama di Arab Saudi.

“Sarah tahu dia adalah perempuan, berusia 25 tahun, memiliki tinggi 1,62 sentimeter, dan mengenakan pakaian tradisional Saudi,” kata Elie Metri, CEO QSS AI & Robots, seperti yang dikutip dari Business Insider, Selasa (26/3/2024).

Selain itu, Metri menekankan bahwa Sarah didesain untuk bersikap ramah dan tidak berbicara tentang politik atau seks. Desain Sara sengaja mencerminkan nilai-nilai tradisional Arab Saudi, dengan mengenakan abaya dan gaun panjang tradisional. Kemampuan bilingual Sarah dalam berbicara (Arab dan Inggris) menunjukkan investasi Arab Saudi dalam pengembangan teknologi.

Sarah, Robot Humanoid Arab Saudi

Sarah didukung oleh Language Learning Model  (LLM) yang dimiliki oleh QSS AI & Robots. LLM ini menggunakan pembelajaran mesin untuk memahami teks dan ucapan berdasarkan data besar. Namun, kemampuan AI ini tetap dibatasi oleh konteks sosial di mana ia beroperasi. Meskipun ada upaya modernisasi dalam beberapa tahun terakhir, seperti melonggarkan aturan berpakaian dan mencabut larangan perempuan mengemudi, diskusi publik tentang seksualitas masih dianggap tabu.

Baca juga : Teknologi AI Google Mampu Prediksi Banjir dan Kurangi Polusi Udara

Sarah memiliki kemampuan berbagai bahasa, menerima perintah, menjawab pertanyaan, dan berinteraksi dengan pengguna. Robot ini juga mampu bergerak dan bereaksi secara cepat, serta merespons emosi. Proses pembuatan Sara dimulai dengan pembuatan struktur atau kerangka robot dalam bentuk tiga dimensi (3D).

Selanjutnya, dilakukan pemodelan kepala dan bagian tubuh secara 3D dengan bantuan perangkat lunak komputer. Kemudian melalui proses pengeditan atau rendering untuk mendapatkan tampilan yang sempurna. Seluruh komponen fisik robot kemudian disatukan untuk membentuk tubuh robot secara utuh.