Example 160x600
Example 160x600
Berita

Wujudkan Kota Masa Depan ‘Smart, Green, & Beautiful’, PLN Icon Plus Bersama PLN Laksanakan Groundbreaking Telecommunication and Digital Centre di IKN

×

Wujudkan Kota Masa Depan ‘Smart, Green, & Beautiful’, PLN Icon Plus Bersama PLN Laksanakan Groundbreaking Telecommunication and Digital Centre di IKN

Sebarkan artikel ini
kota masa depan
Example 468x60

KhatulistiwaHits, Jakarta – Wujudkan kota masa depan, PLN Icon Plus, bersama PLN, memulai langkah besar dalam mewujudkan sistem ketenagalistrikan yang cerdas dan futuristik dengan membangun sistem telekomunikasi andal untuk smartgrid dan digitalisasi IKN secara terintegrasi. Pembangunan ini didukung oleh Hak Perlintasan yang diberikan oleh Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) pada Desember 2023, mengukuhkan PLN Icon Plus sebagai penyedia jaringan telekomunikasi di IKN.

Pembangunan backbone telekomunikasi fiber optik yang terintegrasi dengan sistem ketenagalistrikan ini ditandai dengan groundbreaking PLN Hub, yang akan berfungsi sebagai pusat listrik cerdas, telekomunikasi, dan digital.

Groundbreaking ini, diadakan di IKN, dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, serta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya terhadap pembangunan PLN Hub, yang diharapkan dapat mengumpulkan semua pemangku kepentingan dan mitra PLN.

Baca juga : Peringati Hardiknas, PLN Icon Plus Gelar Program “Icon Plus Goes to School”

“Saya sangat menghargai dibangunnya PLN Hub yang akan mengumpulkan semua stakeholder dan mitra yang berhubungan dengan PT PLN,” ujar Presiden dalam rilis yang diterima pada Sabtu (8/6).

Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi, serta jajaran direksi dari kedua perusahaan.

PLN Hub tidak hanya berfungsi sebagai pengendali sistem telekomunikasi dan pusat digital dengan keandalan tinggi, tetapi juga akan menjadi pusat riset dan pengembangan.

PLN Dipercaya Untuk Menciptakan Kota Masa Depan yang Modern, Futuristik, dan Green dari Sisi Ketenagalistrikan

“Kami diberikan kepercayaan untuk menerjemahkan visi masa depan IKN yang modern, futuristik, dan green dari sisi ketenagalistrikan. Terima kasih atas kesempatan membangun PLN Hub tepat di jantungnya IKN. Kami pastikan PLN Hub akan menjadi episentrum riset dan pengembangan, kolaborasi bisnis, teknologi, dan pendidikan yang mendukung IKN dan transisi energi di Indonesia,” kata Darmawan Prasodjo.

Ari Rahmat Indra Cahyadi menegaskan dukungan PLN Icon Plus terhadap infrastruktur telekomunikasi andal di IKN.

“PLN Icon Plus sebagai Subholding Beyond kWh dari PT PLN (Persero) memiliki peran penting untuk mendukung infrastruktur telekomunikasi yang andal di IKN guna menunjang keandalan sistem ketenagalistrikan yang mutakhir dan modern dari PLN. Ini juga sebagai backbone telekomunikasi yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh penyedia telekomunikasi fixed broadband dan seluler untuk membangun konektivitas di IKN,” jelasnya.

PLN Icon Plus berkomitmen mendukung sistem ketenagalistrikan PLN dalam pembangunan berkelanjutan di IKN dengan menyediakan layanan telekomunikasi yang didukung infrastruktur termutakhir dan modern, serta sangat andal untuk mendukung ekosistem ‘Smart, Green, & Beautiful’ di IKN.

Baca juga : Kontribusi PLN Icon Plus Cetak Siswa Berkompeten dalam Dunia Pendidikan

Dalam menciptakan ekosistem tersebut, PLN Icon Plus juga memperkenalkan berbagai inisiatif ramah lingkungan lainnya serta berkomitmen menyediakan layanan beyond kWh di IKN yang terintegrasi dan mencakup berbagai solusi strategis. Hal ini sejalan dengan visi pembangunan berkelanjutan di IKN yang ramah lingkungan dan modern, termasuk internet, ekosistem kendaraan listrik (EV), Internet of Things (IoT), serta Smart Home, yang dirancang untuk mendukung ekosistem ramah lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan di IKN.

Melalui kegiatan groundbreaking ini, PLN Icon Plus menunjukkan komitmen dan kesiapan dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara yang modern, cerdas, dan hijau. Upaya ini tidak hanya mendukung keberlanjutan lingkungan, tetapi juga mendorong inovasi di sektor telekomunikasi dan ketenagalistrikan di Indonesia.