Example 160x600
Example 160x600
KulinerLifestyleLocal News

5 Fakta Menarik Sotong Pangkong Kuliner Khas Ramadhan Kota Pontianak Yang Mendunia

×

5 Fakta Menarik Sotong Pangkong Kuliner Khas Ramadhan Kota Pontianak Yang Mendunia

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Khatulistiwahits.com.— 5 Fakta menarik tentang Sotong Pangkong kuliner khas Ramadhan di Kota Pontianak dapat disimak pada artikel berikut ini.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan penuh kenikmatan tidak hanya bagi umat Muslim, tapi berdampak juga bagi masyarakat non muslim.

Berbicara puasa tentu hal yang sangat ditunggu adalah ketika menjelang berbuka puasa. Orang-orang berburu takjil/ makanan berbuka. Jika biasanya makanan khas bulan puasa yang ada dipikiran Anda hanya kue Apam Pinang dan es timun suri, Anda harus mengenal sotong pangkong. Karena kuliner ini  hanya bisa Anda temui saat Ramadhan saja.

Nah untuk lebih jelasnya khatulistiwahits.com telah merangkumnya untuk anda.

5 Fakta Menarik Sotong Pangkong Kuliner Khas Ramadhan

  1. Sotong Pangkong terdiri dari dua kata yaitu sotong (cumi) dan pangkong (artinya ‘pukul’ dalam bahasa Melayu Pontianak). Salah satu kuliner hits yang mudah ditemukan saat sore hingga malam hari ini memiliki banyak peminat.

Makanya, jika Anda memiliki rencana untuk berkunjung ke Pontianak dalam waktu bulan suci Ramadhan ini, Anda dapat kunjungi lapak-lapak sederhana sepanjang Jl. Merdeka Pontianak. 

5 Fakta Menarik Sotong Pangkong
Seorang pedagang menyiapkan Sopang atau Sotong Pangkong yang dijual hanya pada malam hari selama bulan Ramadan. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/pd/16

2. Hidangan ini dapat dinikmati oleh siapa pun karena harganya yang terjangkau serta cita rasanya yang begitu khas. Ditambah lagi dengan cara penyajiannya yang bisa dibilang sederhana tapi unik.

Rasa nikmatnya pun akan melekat di ingatan terutama saat disantap bersama teman, saudara, kerabat, ataupun keluarga. Kuliner khas Ramadhan ini merupakan berkah bagi penjual kuliner dadakan.

Baca Juga: 5 Menu Makanan Sehat Khas Kalimantan Barat

3. Proses pembuatan sotong pangkong pun sangat sederhana. Sotong kering dipanggang sebentar pada bara api dengan arang kelapa atau kayu. Kemudian dipangkong (dipukul-pukul) menggunakan palu hingga pipih dan serat-serat dagingnya terpisah.

Tujuannya agar sotong kering panggang tersebut lebih mudah dimakan dan rasa gurihnya lebih keluar. Sotong pangkong ini juga tidak diberi bumbu macam-macam karena sudah ada rasa gurih alami.

5 Fakta Menarik Sotong Pangkong
Penyajian Sotong Pangkong

4. Rasanya gurih kenyal dengan aroma harum. Sotong pangkong cukup disajikan dengan sambal kacang dan kuah asam pedas yang terbuat dari racikan cuka dan cabai. Bagi yang belum terbiasa mengonsumsinya mungkin agak kesulitan waktu mengunyah, karena bagaimanapun sotong kering teksturnya akan lebih keras dan liat. Tapi di situlah letak sensasi menyantap sotong pangkong ini. Agar lebih nikmat, sobek daging sotong dalam ukuran kecil, lalu cocol ke dalam sambal/saus yang diinginkan.

5. Sotong pangkong disajikan dengan sambal agar terasa nikmat. Untuk menikmati kudapan khas bulan Ramadan di kota berjuluk Khatulistiwa ini bisa ditemukan di sepanjang Jalan Merdeka Kecamatan Pontianak Kota. Jalan itu menjadi sentra pedagang kaki lima yang menjajakan sotong pangkong setiap malam selama bulan Ramadhan.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mendukung dan memfasilitasi para pelaku usaha kuliner sotong pangkong ini. Ia berharap keberadaan sentra pedagang sotong pangkong di Jalan Merdeka ini bisa menjadi daya tarik wisata kuliner bagi mereka yang ingin mencicipi jajanan khas di Pontianak. Sehingga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan, tidak hanya pada saat bulan Ramadan, tetapi juga pada bulan-bulan lainnya.

Bagi mereka yang ingin mencicipi sotong pangkong, sentranya di Jalan Merdeka ini. “Tidak hanya warga Kota Pontianak yang datang mencicipi, banyak juga warga dari luar yang penasaran dengan rasanya,” ujarnya usai melaunching Kampong Sotong Pangkong di Jalan Merdeka Gang Murai Kelurahan Mariana Kecamatan Pontianak Kota. 

Baca Juga: Lebaran 2022 Didepan Mata Emak-Emak Harus Siasati Kenaikan Harga Komoditi

Edi berharap para pedagang sotong pangkong bisa berkreasi dan berinovasi dalam menyajikan produknya. Bisa dengan membuat berbagai varian sambal. Varian sambal yang bermacam-macam akan memberikan alternatif pilihan bagi mereka yang menikmati sotong pangkong. Sotong pangkong memiliki ciri khas rasa tersendiri karena rasanya sedikit manis. Cara penyajiannya pun cepat yakni dibakar dan dipipihkan dengan palu (dipangkong) Setelah itu dimakan dengan sambal khas. “Jadi cara memakannya, rasanya, sensasinya memang beda dengan yang lain,” katanya.

Kondisi pandemi ini diharapkan aktivitas perekonomian masyarakat tetap berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Untuk itu, para pedagang sotong pangkong wajib menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, tidak terlalu ramai atau berdesakan dan ketika dalam keadaan sedang tidak makan, sebaiknya tetap mengenakan masker.(DST)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *