Example 160x600
Example 160x600
PendidikanInspirasi

MGMP Ekonomi Mempawah dan Guru Penggerak Gelar IHT Penerapan Kurikulum Merdeka 2022

×

MGMP Ekonomi Mempawah dan Guru Penggerak Gelar IHT Penerapan Kurikulum Merdeka 2022

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

KhatulistiwaHits, Mempawah–Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi Kabupaten Mempawah bersama Guru Penggerak menggelar kegiatan In House Training (IHT) dengan tajuk Penerapan Kurikulum Merdeka 2022.

Kegiatan IHT penerapan kurikulum merdeka yang dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Mempawah, Senin (11/082022), merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh sebuah sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan karyawannya sebagai salah satu dari CPD (Continuous Proffesional Development) yang harus senantiasa dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kualitas diri.

Dikutip dari laman resmi Sekolah Penggerak Kemendikbud, kamis (11/08/2022), Guru Penggerak merupakan pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Guru penggerak akan berperan untuk: 1. Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya, 2. Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah, 3. Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah, 4. Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, 5. Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah.

Baca Juga: Mahasiswa Universitas BSI Pontianak , Berhasil Meraih Juara Di Kejuaran Bulu Tangkis HUT Kabupaten Kayong Utara ke 15

Peran dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada guru penggerak menjadi semangat dan motivasi Tantri Mira Sandra ,M.Pd yang merupakan guru penggerak angkatan 1 kab. Kuburaya. Untuk membersamai, berkolaborasi berbagi praktek baik bersama guru-guru ekonomi SMA kabupaten Mempawah melalui kegiatan IHT Penerapan Kurikulum Merdeka pada mapel ekonomi yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah pada hari senin  tanggal 11 Agustus 2022 jam 08.00 -10.00 kegiatan ini juga dilanjutkan melalui live streaming dan disiarkan melalui saluran Pro1 RRI pontianak dari jam 10.00 -11.00  melalui program Pengarusutamaan Gender dengan tajuk Guru Penggerak Angkatan 1 peduli pendidikan .

MGMP Ekonomi
Suasana IHT dengan pemateri Guru Penggerak Tantri Mira Sandra ,M.Pd (Foto:Dok)

Kegiatan dibuka oleh Nurlizawati,S.Pd selaku ketua MGMP Ekonomi SMA Kabupaten Mempawah yang dihadiri 20 peserta mgmp ekonomi kab.mempawah ,dan diisi kegiatan  berbagi praktek baik TantriSandra .

Dalam sambutannya ketua MGMP Ekonomi SMA Kabupaten Mempawahmenyampaikan bahwa kolaborasi dan berbagi praktek baik bersama guru penggerak sebagai suatu usaha untuk meningkatkan kompetensi guru-guru ekonomi yang ada di wilayah Kab. Mempawah serta mempererat silaturahmi.

IHT penerapan kurikulum merdeka bagi Guru, Kegiatan Kolaborasi MGMP Ekonomi dan Guru Penggerak

Kegiatan IHT ini dibagi menjadi dua sesi :

Sesi 1. Aktifitas kegiatan IHT 

Materi disampaikan langsung oleh Tantrisandra yang menyampaikan bagaimana peran guru yang sentral harus dapat disadari mulai dari diri sendiri, dan guru-guru dapat mengembangkan segala potensi, kompetensi  diri secara pribadi dan kelompok agar dapat memberikan proses belajar menyenangkan dan.bermakna sesuai tuntutan kodrat alam dan zaman sehingga murid mencapai kesejahteraan dan kesuksesan dunia akhirat dapat terwujud sesuai tujuan pendidikan .

Tantri juga  menyampaikan  keunggulan penerapan kurikulum merdeka yang esensial, bermakna ,menyenangkan,fleksibel, komunikatif, interaktif ,kolaboratif . Ia mengajak guru-guru menyadari bahwa guru itu dapat diibaratkan seorang dokter yang mampu melakukan diagnostik awal masalah atau penyakit yang dihadapi seorang pasien. Sehingga dengan penyakit dan obat yang sesuai kesembuhan pasien akan terwujud.

Demikian pula murid-murid kita melalui asesmen diagnostik awal  diberikan guru ,kita dapat memberikan proses pembelajaran melalui metode ,strategi yang  sesuai dengan kebutuhan ,kemampuan, bakat minat murid, jelas Tantri.

Tidak lupa budaya positif yang kita lakukan setelah proses pembelajaran berakhir melalui  refleksi diri dengan tehnik ATAP yang dipopulerkan oleh Komunitas Guru Belajar Nusantara KGBN . Ditutup ice breaking untuk  mengenali diri dan lingkungan memperkuat kesadaran sosial emosional.

Sesi ke 2 IHT Penerapan Kurikulum Merdeka

Dimulai dengan wawancara secara live stearming dan siaran langsung dari Pro1 RRI pontianak yang memfasilitasi  kegiatan agar dipancar luaskan melalui dunia maya untuk menambah kebermanfaatan kegiatan dan warna yang berbeda kegiatan IHT IKM mapel ekonomi.

Pertanyaan reflektif yang diberikan berkaitan dengan aktifitas guru penggerak, peran guru penggerak, apa yang sudah dilakukan melalui aksinyata, metode strategi pembelajaran apa yang dapat menjawab permasalahan didunia pendidikan, tantangan, perubahan yang dirasakan .

Baca Juga:Dosen Universitas BSI Berikan Literasi Digital dalam Acara Dialog Publik TVRI 2022

Kegiatan ditutup dengan ucapan terima kasih dan kesan beberapa guru  melalui kegiatan refleksi diri salah satunya dari Indah Utami, S.Pd  dari SMA N 1 Segedong. “Dimana ilmu yang dibagi dan disampaikan sangat-sangat membantu guru-guru dalam komunitas MGMP Ekonomi SMA Kaupaten Mempawah, ungkap Indah.

Peserta lainnya Yeni  Susilawati dari SMA N 1 Anjongan mengungkapkan semua praktek baik ini  menjadi bekal di lapangan nanti dan berharap dengan adanya kolaborasi lagi dikemudian hari.(Tantri/DST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *