Example 160x600
Example 160x600
LifestyleBudayaHiburan

15 Destinasi Wisata Palembang Yang Sayang Dilewatkan

×

15 Destinasi Wisata Palembang Yang Sayang Dilewatkan

Sebarkan artikel ini
15 Destinasi Wisata
Example 468x60

KhatulistiwaHits.comMendengar nama Kota Palembang tentu terbayang dengan kuliner khasnya yaitu Mpek-mpek atau Pempek, serta sebutan bagi penduduknya dengan “Wong Kito Galo”.

Rasa yang gurih dari ikan dan olahan bumbu rempah yang pas membuat siapa saja suka menjadikannya sebagai camilan apalagi disantap dengan kuah khasnya yang disebut “Cuko”.

Tidak hanya terkenal karena makanan khas daerahnya, berbagai tempat wisata di Palembang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi.Ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini merupakan kota dengan urutan kedua terbesar yang ada di Sumatera setelah kota Medan.

Kota Palembang terkenal sebagai wisata terlaris di Pulau Sumatera. Berbagai kekayaan alam dijadikan kawasan wisata yang menyenangkan. Serta wisata religi dan edukasi juga disuguhkan untuk memanjakan mata.

15 Destinasi Wisata dari Alam Hingga Kota

Berikut sejumlah tempat wisata di Palembang mulai dari alam, taman hingga nuansa kekinian yang dapat Sobat kunjungi bersama keluarga. 

1. Jembatan Ampera

Destinasi yang satu ini merupakan tujuan yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Palembang. Rasanya belum lengkap jika ke Palembang tidak berkunjung ke tempat ini.

Jembatan yang membetang di atas Sungai Musi ini memang akan semakin cantik bila dikunjungi malam hari, hal ini dikarenakan banyaknya lampu-lampu cantik yang menyorot di sepanjang jembatan.

15 Destinasi Wisata
Jembatan Ampera Icon Utama Kota Palembang (Foto:dokwisata)

Sungai Musi sendiri adalah sungai terpanjang di Sumatera yang membelah Palembang menjadi dua bagian. Dulunya Sungai Musi adalah sarana transportasi utama.

Baca Juga:KABES Kalbar Bersama PMP Kalbar Sukses Gelar “Coffee Morning” Demi Kalbar Bersatu

Di tepiannya, terdapat beberapa obyek wisata, seperti Restoran Terapung, Benteng Kuto Besak, Kampung Arab, dan lain-lain. Tak hanya itu, sekitar 50 meter saja dari tempat wisata di Palembang ini Sobat dapat mengunjungi pusat makanan dan oleh-oleh.

2. Bukit Siguntang

Pergi ke Palembang juga cocok bagi pecinta pegunungan dan suasana asri, karena di sini terdapat bukit Siguntang.

15 Destinasi Wisata
Wisata Bukit Siguntang (Foto:ksmtour)

Berada di ketinggian 30 meter di atas permukaan laut, suasana tempat wisata di Palembang satu ini begitu indah dan sejuk. Rupanya, dulu bukit ini dipercaya sebagai tempat untuk bermeditasi.

Selain itu, terdapat pula makam bangsawan pendiri kota Palembang, maka tak heran bila tempat di ini dianggap sebagai daerah yang sakral.

3. Gunung Dempo

Tempat wisata lain yang dapat Sobat kunjungi jika berlibur di kota Palembang adalah gunung Dempo.

15 Destinasi Wisata
Wisata alam Gunung Dempo (Foto:advocasi.co)

Gunung Dempo merupakan salah satu gunung di kota Palembang dengan ketinggian 3,195 m.

Untuk dapat sampai ke tempat wisata di Palembang ini, Sobat harus menempuh perjalanan melewati kota kecil pagar alam dengan jarak kurang lebih 7 km jika dari pusat kota.

Tak hanya itu, tempat wisata gunung Dempo juga memiliki beberapa kekayaan rimba gunung yang terlihat masih sangat alami. Secara geografis, gunung ini terletak di antara Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Bagi Sobat yang akan berkunjung ke gunung Dempo, sebaiknya mengunjunginya saat musim kemarau tiba. Hal ini untuk mencegah trek licin dan berkabut sehingga lebih aman.

4. Air Terjun Lematang Indah

Selain gunung, kota Palembang juga memiliki tempat wisata lain berupa air terjun. Salah satu air terjun yang terkenal di kota ini adalah air terjun Lematang Indah. Air terjun Lematang Indah ini berlokasi di kota Pagar Alam.

15 Destinasi Wisata
Air terjun Lematang Indah Pagar Alam (Foto:jejakpiknik)

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 40 meter. Tempat wisata di Palembang ini sangatlah ramai dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal.

Baca Juga:10 Tempat Wisata Alam Paling Populer di Sulawesi

Wisata alam berupa air terjun sangat cocok dikunjungi karena pemandangan yang begitu indah dan menawan. Untuk dapat menikmati objek wisata di air terjun, Sobat tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena harga tiket masuk hanya Rp4.000 per orang.

5. Air Terjun Bidadari

Untuk bisa mencapai Air Terjun Bidadari, Sobat bisa naik kendaraan bermotor selama 15 menit dari Kota Lahat. Setelah sampai di Desa Karang, Sobat harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki melintasi kebun kopi, lalu masuk ke hutan selama 30 menit.

15 Destinasi Wisata
Air Terjun Bidadari di Lahat (Foto:pikniktoday)

Ada dua alternatif jalan yang bisa ditempuh, yaitu bisa langsung menuju air terjun pertama atau bisa menyusuri air terjun dari bawah.

Dengan ketinggian 30 meter, keindahan tempat wisata di Palembang ini mampu menghipnotis para wisawatan. Di tepinya ditumbuhi pohon-pohon rindang yang membentuk sebuah goa, sehingga membuat suasananya semakin teduh, ditambah banyak burung dan kupu-kupu beterbangan di sana.

Akar pepohonan di sana menggantung di tepi sungai dengan indahnya. Selain pohon mahoni, tumbuh juga pohon bambu yang menambah keasrian.

6. Arung Jeram Sungai Manna

Buat Sobat yang menyukai wisata ekstrim dan sedang mencari tempat wisata di Palembang yang cocok? Nah, arung jeram ini dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata saat berlibur di kota Palembang.

15 Destinasi Wisata
Pesona arung jeram Sungai Manna (Foto:mongotrip)

Arung jeram Sungai Manna ini terletak di kecamatan Tanjungsakti, Palembang. Tempat wisata ini menyediakan paket arung jeram yang dapat Moms pilih sesuai dengan kemampuan berdasarkan tingkat kesulitan.

Baca Juga:20 Destinasi Wisata Populer dan Kekinian di Wonogiri

Arung jeram ini termasuk dalam salah satu wisata adrenalin di kota Palembang, maka tak heran jika banyak wisatawan yang terus berdatangan setiap harinya.

7. Air Terjun Curup Maung

Keberadaan air terjun ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan namun memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Sobat dapat menjadikan wisata air terjun ini sebagai salah satu tempat wisata saat berkunjung di kota Palembang.

15 Destinasi Wisata
Air terjun Curup Maung (Foto:wisata)

Perlu diketahui bahwa tempat wisata di Palembang ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan tak kalah dengan tempat wisata air terjun populer lainnya.

Sobat perlu menempuh perjalanan yang cukup sulit untuk mengunjungi tempat wisata ini, namun semua akan terbayarkan dengan keindahan alam yang begitu cantik dan menarik.

Untuk harga tiketnya, yaitu Rp2.500 dan alamatnya di Atung Bungsu, Dempo Selatan, Trans SP II Padang Muara Dua, Gumay Ulu, Trans SP II Padang Muara Dua, Kec. Gumay Ulu, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

8. The Amazing Waterpark Citra Grand

Tempat wisata di Palembang yang wajib dikunjungi ini sangat luas karena lebih dari 3,5 hektar yang terbagi menjadi beberapa tema berbeda. Sobat bisa melihat hutan dengan konsep pedalaman Afrika, Indonesia, dan banyak lagi.

15 Destinasi Wisata
The Amazing Waterpark Citra Grand (Foto:wisata)

Wahana di waterpark ini sendiri ada sangat banyak, rasanya seharian penuh baru akan cukup untuk merasakan semuanya.

Ada River Nille, Velocity, The Raft, Zimba and Cora, Pool, Zimba Zone, The Falls, The Cyclone, dan banyak lagi. The Amazing Waterpark yang lengkap ini berada di kompleks Citra Grand Jalan Bypass Alang-alang Lebar, Talang.

Setiap harinya waterpark buka dari pukul 10:00 – 17:00 Senin-Minggu dan hari besar buka.

9. Taman Celosia Spring Hill

Taman Celosia Spring Hill menyuguhkan hamparan padang bunga yang sangat indah dengan dominasi kuning yang cerah dan merah menyala. Semua tatanan bunga tersusun rapi sehingga benar-benar sedap di pandang.

15 Destinasi Wisata

Tempat wisata di Palembang ini menyediakan banyak spot foto menarik yang buat feeds Instagram makin oke. Ada replika kincir angin Belanda, Tugu Monas, sampai ornamen-ornamen menarik lainnya. Di dalam wahana, fasilitasnya juga cukup lengkap dari area parkir sampai tempat makan.

Sembari foto dan piknik bersama keluarga, Sobat bisa sekalian mencicipi makanan-makanan khas Palembang seperti pempek di sana.

Bagi yang mau datang ke taman ini, lokasinya mudah karena cukup dekat dengan Punti Kayu. Tepatnya berada di Jalan Letjen TNI Dr. H Ibnu Sutowo, Talang, Alang-alang Lebar, Palembang. Jam buka taman ini adalah mulai pukul 07:00 – 17: 30 dari Senin sampai Minggu.

10. Kembang Iwak Family Park

Dari namanya saja sudah jelas sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Nama unik dari tempat ini berasal dari bahasa Jawa dan Inggris, artinya adalah taman bunga ikan keluarga.

15 Destinasi Wisata

Tempat wisata di Palembang ini berupa danau yang ada di pusat kota. Di sini Sobat akan bisa melihat berbagai macam tempat rekreasi menarik seperti air mancur dengan lampu sorotnya yang warna-warni.

11. De Jakabaring

Destinasi berikut cocok untuk para kreator konten yang ingin mengoleksi banyak foto Instagramable, yaitu De Jakabaring.

15 Destinasi Wisata

Tempat wisata di Palembang yang satu ini menghadirkan objek wisata anyar di Komplek Graha Teknologi Jakabaring.

Pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp20.000 pada hari Senin-Jumat dan Rp25.000 untuk hari Sabtu-Minggu.

Beragam spot selfie dan wefie, dengan latar belakang gambar tiga dimensi, siap memanjakan mata dan tentu mempercantik hasil foto.

Setiap gambar akan memiliki tema yang berbeda, dari arena pertandingan binatang buas, lautan, panjat tebing, zombie, dan masih banyak lagi.

12. Tugu Belido

Dianggap sebagai Ikon wisata terbaru di kota Palembang, tugu dengan patung ikan Belido perak ini mulai banyak dikunjungi warga.

15 Destinasi Wisata

Selain berfoto dengan maskot ikan tersebut, Moms juga bisa menyaksikan panorama indah Sungai Musi. Di saat malam menjelang, tempat wisata di Palembang ini pun semakin asyik dengan hiasan lampu LED berwarna yang menghiasi patung ikan dan jembatan Ampera.

Alamatnya ada di 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan dan harga tiketnya gratis.

13. Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Menjadi satu-satunya wisata alam hutan di Palembang, tempat ini memang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena tempatnya yang indah.

Meskipun luas area sekitar 50 hektare, objek wisata alam ini memiliki beberapa fasilitas yang cukup memadai. Ada jembatan kayu, perahu, atraksi gajah hingga taman.

15 Destinasi Wisata

Lokasi tempat wisata di Palembang ini, berada di Jalan Kol. Burlian, Karya Baru. Hutan Punti Kayu merupakan tempat wisata yang rindang dam cocok untuk Moms yang ingin mendapat suasana sejuk.

14. Pulau Kemaro

Tempat wisata di Palembang berikutnya ada Pulau Kemaro yang pernah menjadi pusat kerajaan bahari terbesar di Indonesia.

Pulau ini merupakan tempat wisata yang sangat menarik dan terletak di tengah perairan Sungai Musi.

15 Destinasi Wisata
Pulau Kemaro yang terletak ditengah oerairan Sungai Musi (Foto:wisata)

Selain dapat menyaksikan indahnya Sungai Musi, Sobat juga bisa melihat kondisi di Pulau tersebut. Pulau ini letaknya hanya 6 km dari Jembatan Ampera.

Obyek wisata yang menarik di pulau ini adalah vihara yang masih berfungsi hingga dengan saat ini.

15. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Berikutnya ada tempat wisata di Palembang yang sangat cocok bagi putra-putri kesayangan Sobat, yaitu Museum Sultan Mahmud Badaruddin II.

Koleksi museum ini akan mengenalkan kita pada sejarah kota Palembang lengkap dengan berbagai peninggalan kerajaan.

15 Destinasi Wisata

Lokasi tempat wisata di Palembang ini sendiri berada di jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak. Dijamin, anak-anak kita akan semakin tertarik karena desain arsitekturnya yang unik.

Nah SObat, masih banyak lagi destinasi wisata yang ada di Kota Palembang serta diseluruh Provinsi Sumatera Selatan. Mana tempat wisata di Palembang yang paling ingin dikunjungi bersama keluarga? Yuk share di kolom komentar!.(**KH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *