Example 160x600
Example 160x600
PendidikanLocal News

LPPM Universitas BSI Kampus Pontianak Mengelola 4 Jurnal Ilmiah, Wadah Buat Para Peneliti

×

LPPM Universitas BSI Kampus Pontianak Mengelola 4 Jurnal Ilmiah, Wadah Buat Para Peneliti

Sebarkan artikel ini
LPPM
Example 468x60

KhatulistiwaHits, PontianakDosen dituntut untuk mewujudkan tridharma perguruan tinggi dengan salah satunya memiliki publikasi pada Jurnal Ilmiah. Artikel dapat diterbitkan dalam jurnal bereputasi, baik nasional maupun internasional.

Untuk memfasilitasi dosen dalam menerbitkan luaran hasil penelitian maupun Pengabdian kepada masyarakat berupa artikel karya ilmiah, maka Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Kota Pontianak mengelola empat jurnal ilmiah Nasional. Adapun keempat jurnal tersebut yaitu Jurnal Khatulistiwa Informatika (JKI), Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JUSTIAN), Indonesian Journal of Technology and Computer Science (IJTCS) dan Indonesian Community Service Journal of Computer Science (IndoComs).

LPPM
Foto: cuplikan laman JKI

 Jurnal khatulistiwa Informatika befokus pada lingkup penelitian Sistem Informasi, sedangkan Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JUSTIAN) memiliki lingkup system informasi Akuntansi dan anak dari lingkup bidang ilmu tersebut. Untuk meningkatkan reputasi jurnal, maka pengelola jurnal berusaha semaksimal mungkin untuk menjadikan jurnal tersebut menjadi jurnal dengan akreditasi nasional. JKI sendiri saat ini terakreditasi SINTA 4 dan Justian Terakreditasi SINTA 5.

Foto: cuplikan laman jurnal JUSTIAN

Karena saat ini peminat jurnal terakreditasi sangat banyak, maka LPPM Universitas BSI Kampus Pontianak, menginisiasi penambahan jurnal agar dapat mencakup keseluruhan penelitian dosen dan menanpung kebutuhan dosen,dengan menerbitkan jurnal terbaru yaitu Indonesian Journal of Technology and Computer Science (IJTCS) merupakan jurnal yang berisi hasil pemikiran atau penelitian dibidang Computer Science, Data science dan Information Technology.

LPPM
Foto: cuplikan IJTCS

Topik dari jurnal IJTCS antara lain seperti: Theory of computation, Information theory and Coding theory, Data structure and Algorithm, Programming language theory, Computer graphics and visualization, Information processing, Software engineering, Artificial intelligence, Database and Data mining, Big data, Computing fundamentals dan lain sebagainya yang berkaitan dengan rumpun ilmu Computer Science, Data science dan Information Technology.

IJTCS dipublikasikan secara online dengan menggunakan Open Journal System (OJS). Periode penerbitan IJTCS adalah 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.

Indonesian Community Service Journal of Computer Science (IndoComs) merupakan jurnal yang menerbitkan artikel kegiatan pengabdian pada masyarakat yang memanfaatkan keilmuan komputer/informatika, teknologi Informasi, rekayasa perangkat lunak, atau sistem informasi kedalam kegiatan atau produk yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Periode penerbitan IndoComs adalah 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober.

LPPM
Foto:cuplikan laman IndoComs

Ketua LPPM Universitas BSI Kampus Pontianak, Latifah, menjelaskan bahwa saat ini kebutuhan dosen akan jurnal ilmiah yang dapat menanpung hasil penelitian maupun pengabidan kepada masyarakat semakin meningkat. 

“Saat ini, publikasi dosen menjadi kewajiban dalam memenuhi tridharma perguruan tinggi serta untuk memenuhi beban kinerja dosen. Dosen memerlukan publikasi artikel ilmiah di jurnal untuk laporan BKD, untuk kenaikan Jabatan fungsional, untuk luaran hibah dll. Oleh sebab itu, LPPM Universitas BSI Kampus Pontianak memberikan wadah bagi dosen untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal yang dimiliki program studi masing-masing sesuai dengan focus bidang ilmunya,” ujarnya. (KH/LAT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *