Example 160x600
Example 160x600
EventLocal NewsPendidikan

Seminar Pemuda Digital Sukses Digelar, Universitas BSI Kampus Pontianak Tawarkan Program Beasiswa 2023-2024

×

Seminar Pemuda Digital Sukses Digelar, Universitas BSI Kampus Pontianak Tawarkan Program Beasiswa 2023-2024

Sebarkan artikel ini
Seminar Pemuda Digital
Example 468x60

Khatulistiwahits, Pontianak— Seminar Pemuda Digital bertajuk Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Dunia Pendidikan sukses digelar Kampus Digital Kreatif Universitas BSI Kampus Pontianak, Rabu 25 Oktober 2023 di Hotel Harris Pontianak. Ada Program Beasiswa juga yang ditawarkan.

Seminar Pemuda Digital yang sekaligus memperingati momentum Hari Sumpah Pemuda menghadirkan nara sumber berkompeten, yaitu Agung SR(CEO Universa Transformasi Digital sekaligus Alumni Universitas BSI), serta menghadirkan sosok pemudi inspiratif Sindy Novela (Putri Indonesia Jambi 2023 yang juga merupakan Mahasiswi Ilkom Universitas BSI).

Peserta yang hadir dalam seminar pemuda digital ini adalah Kepala Sekolah/Guru dari sekolah SMA/SMK/MA sederajat di wilayah Kota Pontianak dan sekitarnya, juga perwakilan siswa-siswi dari setiap sekolahnya. Tercatat ada 50 sekolah yang hadir.

Seminar Pemuda Digital
Foto bersama Yayasan, Pimpinan Universitas BSI Pontianak, Unsur Dinas Dikbud, Narasumber serta seluruh peserta seminar

Apresiasi dan Ajak Generasi Muda dalam Seminar Pemuda Digital

Diawali dengan sambutan dari Kepala Kampus Universitas BSI Pontianak, Eri Bayu Pratama, menjelaskan maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan serta pengetahuan baru tentang teknologi kecerdasan buatan atau yang dikenal dengan AI. “Pemanfaatan AI saat ini sangat banyak, hampir disegala bidang teermasuk dunia pendidikan, hal ini perlu ada wawasan dan pengetahuan baru bagi para pendidik untuk mulai memanfaatkannya”, kata Eri.

“Universitas BSI Kampus Pontianak sangat menanggapi dengan baik apa yang dibutuhkan oleh para pendidik dari segi media pembelajaran yang dapat membantu para Guru, untuk itulah kegiatan seminar ini dilaksanakan dan diperuntukkan untuk para Guru yang ada di Pontianak dan sekitarnya”, pungkas Eri.

Baca Juga: Universitas BSI Kampus Pontianak Ajak Generasi Muda Manfaatkan Artificial Intelegence Dalam Seminar Pemuda Digital

Kegiatan seminar pemuda digital yang seyogyanya dibuka langsung oleh Ka.Dinas Dikbud Provinsi Kalbar, Rita Hastarita, namun dikarenakan beliau ada tugas, maka diwakilkan oleh Ressi Nata Sumanda selaku Kabid.Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat.

“Peran pemuda di era digital ini dapat diwujudkan dengan menerapkan teknologi digital secara positif dilingkungan para pemuda, terus menambah literasi tentang digital”, ujar Ressi saat memaparkan materinya.

Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan selalu konsisten mengedukasi para generasi muda khususnya pelar diseluruh wilayah Kalbar untuk terus mengeksplor tentang Teknologi Digital dan AI.

Program Beasiswa Universitas BSI Tahun 2023-2024

Sebelum penyampaian materi dari para nara sumber, Ahmad Baroqah Pohan selaku Head of Marketing Universitas BSI memaparkan tentang informasi Program beasiswa yang dipersembahkan Universitas BSI untuk para Siswa-siswi yang berprestasi dan memiliki talenta.

Program beasiswa yang ditawarkan dalam seminar pemuda digital adalah :
1. Beasiswa Indonesia Cerdas, diperuntukkan bagi siswa-siswi SLTA sederajat peringkat 1 hingga peringkat 3 yang dibuktikan dengan hasil raport serta rekomendasi dari sekolah.

2. Beasiswa Juara, diperuntukkan bagi siswa-siswi SLTA sederajat yang mempunyai Prestasi Akademik atau Non Akademik yang dibuktikan dengan portofolio dan wawancara.

3. Beasiswa Talenta Digital, diperuntukkan bagi siswa-siswi SLTA sederajat, minimal lulusan 3 tahun terakhir yang memiliki keahlian di 16 Bidang Talenta Digital, dibuktikan dengan Portofolio dan Wawancara.

Penyampaian materi pertama tentang Pemanfaatan AI dalam dunia pendidikan oleh Agung SR. Agung memaparkan sekaligus mempraktekkan bagaimana tools AI bernama ChatGPT dapat digunakan sebagai rujukan atau menambah pengetahuan dalam dunia pendidikan.

Jelang coffee break, Reza Maulana selaku MC menginformasikan bahwa Universitas BSI Kampus Pontianak akan menyelenggarakan event BSI Digination berupa Workshop pemanfaatan AI bagi Para Guru. Info lebih lanjutnya dapat berkomunikasi langsung dengan kampus Universitas BSI Pontianak.

Narasumber terakhir yang juga merupakan Putri Indonesia Jambi 2023, Sindy Novela mengajak seluruh generasi muda khususnya Siswa-siswi SLTA untuk peduli dengan lingkungan. Sindy mencanangkan kampanye Green Intelligence, yang merupakan ajakan dan berbuat untuk lingkungan hijau.

Baca Juga: Pemanfaatan AI dalam Dunia Pendidikan, Yuk Cari Tahu !!

Dikesempatan yang sama Sindy juga mengajak para siswa untuk tidak ragu melanjutkan studi ke perguruan tinggi terutama ke Universitas BSI seperti apa yang telah ia lakukan, dan saat ini “Saya juga merupakan mahasiswa Universitas BSI”, pungkas Sindy.

Seminar pemuda digital ini ditutup dengan pemberian penghargaan bagi alumni SMA/SMK/MA sederajat yang mempunyai prestasi saat menjadi Mahasiswa Universitas BSI Kampus Pontianak. Ini merupakan bentuk apresiasi serta kebanggaan Sekolah bagi mahasiswa yang berprestasi tersebut.(DST)