Example 160x600
Example 160x600
Example 468x60
InspirasiBudaya

Berburu Malam Lailatul Qadar? Cobalah Melakukan Itikaf di Masjid

×

Berburu Malam Lailatul Qadar? Cobalah Melakukan Itikaf di Masjid

Sebarkan artikel ini
malam lailatul
Sumber : Freepik
Example 468x60

KhatulistiwaHits – Malam Lailatul Qadar adalah malam istimewa di bulan Ramadan yang dikenal sebagai “Malam Kebesaran”. Malam ini dipercaya jatuh pada salah satu malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadan khususnya pada malam ke-21, 23, 25, 27, atau 29.

Banyak yang mengatakan bahwa ibadah yang dilakukan pada malam ini nilainya lebih besar daripada ibadah selama seribu bulan. Karena keistimewaannya ini, banyak umat Muslim yang berburu malam Lailatul Qadar untuk memperbanyak ibadah dan mendapatkan keberkahan.

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh umat Muslim untuk memaksimalkan ibadah di malam Lailatul Qadar adalah dengan melakukan itikaf di masjid. Itikaf sendiri berarti mengisolasi diri di dalam masjid untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan menjalankan itikaf, seorang muslim dapat fokus sepenuhnya pada ibadah dan meninggalkan segala kegiatan duniawi.

Berburu Malam Lailatul Qadar Dengan Itikaf di Masjid

Selama itikaf, aktivitas yang biasanya dilakukan antara lain membaca Al-Qur’an, berzikir, berdoa, dan memperbanyak amal shaleh lainnya. Menghabiskan waktu di masjid selama 10 hari terakhir Ramadan, khususnya mencari Lailatul Qadar, memberikan kesempatan emas untuk mendapatkan berkah dan ampunan dari Allah SWT.

Tentunya, menjalankan itikaf bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan tekad dan keinginan yang kuat untuk bisa fokus dan menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak penting selama berada di masjid. Namun, kelebihannya sangat banyak. Banyak orang yang merasa lebih dekat dengan Allah dan merasakan banyak keberkahan dalam hidupnya setelah menjalankan itikaf.

Baca juga : Inspirasi Jumat : Keistimewaan Puasa Ramadan di Hari Jumat

Bagi Anda yang ingin berburu malam Lailatul Qadar dan memaksimalkan ibadah di 10 hari terakhir Ramadan, melakukan itikaf di masjid bisa menjadi pilihan yang tepat. Meskipun mungkin membutuhkan pengorbanan waktu dan kenyamanan, namun keistimewaan dan pahala yang bisa didapatkan tentu jauh lebih berharga.

Mari manfaatkan kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya. Semoga kita semua diberikan kemudahan untuk menjalankan itikaf dan mendapatkan keberkahan serta ampunan di malam Lailatul Qadar. Selamat beribadah!