Example 160x600
Example 160x600
KesehatanInspirasi

7 Tips Agar Kita Tetap Waras di Tengah Dunia yang Makin Bikin Stress

×

7 Tips Agar Kita Tetap Waras di Tengah Dunia yang Makin Bikin Stress

Sebarkan artikel ini
tetap waras
Example 468x60

KhatulistiwaHits — Membahas tips agar tetap waras di tengah dunia yang bikin stress tentu akan menyinggung ke dalam kesehatan mental. Pasalnya, seperti yang kita ketahui kesehatan mental adalah bagian integral dari kesejahteraan kita secara keseluruhan. Terkadang, tantangan hidup bisa membuat kita merasa tegang, cemas, atau terjebak dalam pikiran negatif.

Namun, ada beberapa tips sederhana yang dapat kita ambil untuk menjaga kesehatan mental agar tetap prima dan waras di tengah gempuran dunia. Berikut adalah tujuh tips yang telah  dirangkum dari beberapa sumber dan bisa Sobat praktikkan dalam kehidupan sehari-hari:

Tips tetap waras di tengah gempuran dunia

1. Tetap terhubung dengan orang-orang yang kita sayangi

Jangan meremehkan kekuatan dukungan sosial. Saling terhubung dengan keluarga, teman, dan orang-orang terdekat dapat memberi kita perasaan terhubung dan didukung. Bagikan pengalaman yang kita alami, baik itu suka maupun duka kepada mereka. Mendengarkan dan berbagi cerita hidup bisa memberikan rasa solidaritas dan mengurangi perasaan kesepian.

Baca juga : Pentingnya Istirahat Cukup bagi Kesehatan Mental dan Fisik

2. Kelola stres dengan baik

Stres adalah bagian dari kehidupan, tetapi penting untuk mengelolanya dengan cara yang sehat. Temukan teknik yang cocok untuk diri kita masing-masing, seperti meditasi, olahraga, atau hobi yang menenangkan. Selain itu, pernapasan dalam dan latihan relaksasi pun dapat membantu meredakan ketegangan fisik dan pikiran yang terkait dengan stres.

3. Jaga pola makan yang seimbang

Pola makan yang seimbang dapat berdampak positif pada kesehatan mental kita. Hindari mengandalkan makanan cepat saji atau makanan yang mengandung gula tinggi. Sebaliknya, pilih makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein sehat. Di samping itu, konsumsi air yang cukup juga penting untuk menjaga hidrasi tubuh kita.

4. Cukup istirahat

Tubuh dan pikiran kita membutuhkan istirahat yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Pastikan kita mendapatkan tidur yang berkualitas setiap malam. Buatlah rutinitas tidur yang konsisten dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Sementara itu, hindari paparan layar gadget atau stimulasi yang berlebihan sebelum tidur untuk membantu kita merasa lebih tenang.

5. Tetap aktif secara mental

Dalam menjaga kita tetap waras, jangan lupakan untuk rutin melatih otak. Hal itu bisa kita lakukan seperti, tetap aktif secara mental dengan membaca, menyelesaikan teka-teki, belajar hal baru, atau bermain permainan otak. Pasalnya, merangsang pikiran dengan aktivitas yang menantang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan memberikan perasaan prestasi secara mental.

6. Kelola waktu dengan bijak

Manajemen waktu yang baik dapat mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas. Buatlah jadwal yang teratur dan tetapkan prioritas yang jelas. Berikan waktu untuk pekerjaan, istirahat, dan hiburan. Hindari menumpuk terlalu banyak tugas dalam satu waktu dan jangan ragu untuk meminta bantuan jika kita merasa terlalu terbebani.

Baca juga : Duduk Terlalu Lama, Ancaman Tersembunyi bagi Kesehatan dan Risiko Kematian Dini

7. Berlatih rasa syukur

Berpikir positif dan menghargai hal-hal kecil dalam hidup dapat membantu mengubah perspektif kita. Setiap hari, luangkan waktu untuk merenungkan hal-hal yang patut kita syukuri. Pasalnya, fokus pada hal-hal yang positif dalam hidup, dapat meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan.

Menjaga kesehatan mental membutuhkan komitmen dan perhatian yang berkelanjutan. Dengan menerapkan tips sederhana di atas dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat membantu menjaga kesehatan mental tetap prima dan meraih kesejahteraan secara menyeluruh. Semoga bermanfaat!