Example 160x600
Example 160x600
Example 468x60
KesehatanLifestyle

Duduk Terlalu Lama, Ancaman Tersembunyi bagi Kesehatan dan Risiko Kematian Dini

×

Duduk Terlalu Lama, Ancaman Tersembunyi bagi Kesehatan dan Risiko Kematian Dini

Sebarkan artikel ini
duduk terlalu lama
Sumber :Freepik
Example 468x60

KhatulistiwaHits – Di era digital saat ini, banyak pekerjaan yang mengharuskan kita duduk berlama-lama di depan komputer. Mulai dari pekerja kantoran hingga freelancer, kebiasaan duduk terlalu lama telah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari.

Namun, tahukah Anda bahwa duduk terlalu lama tidak hanya buruk bagi postur tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan risiko kematian dini? Berbagai penelitian telah menunjukkan hubungan antara waktu duduk yang berlebihan dengan berbagai risiko kesehatan serius.

Baca juga : Rahasia Kesehatan Remaja Produktif: Menjaga Energi untuk Sukses

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of the American Heart Association menemukan bahwa individu yang menghabiskan waktu duduk lebih lama memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang lebih sering bergerak.

Penelitian ini menggarisbawahi bahwa perilaku sedentari, seperti duduk terlalu lama, dapat menjadi faktor risiko independen untuk kematian dini, bahkan bagi mereka yang rutin melakukan aktivitas fisik.

Duduk Terlalu Lama Menyebabkan Kematian Dini

Menurut sumber dari Kumparan, pekerja kantoran khususnya perlu waspada karena kebiasaan duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis. Penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan obesitas adalah beberapa contoh kondisi kesehatan yang dikaitkan dengan perilaku sedentari.

Selain itu, duduk berlama-lama juga dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, termasuk penurunan efisiensi dalam penggunaan lemak dan gula dalam darah.

Penting untuk disadari bahwa meskipun olahraga rutin penting, itu saja tidak cukup untuk mengimbangi efek buruk dari duduk berlama-lama. Integrasi kegiatan fisik ke dalam rutinitas sehari-hari, selain waktu yang dihabiskan untuk berolahraga, adalah kunci untuk meminimalisir risiko kesehatan yang terkait dengan perilaku sedentari.

Baca juga : Hati-hati! Ini 7 Bahaya Akibat Minum Kopi Susu Setiap Hari!

Memperbaiki kebiasaan duduk terlalu lama bukan hanya tentang mengurangi waktu duduk, tetapi juga tentang meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.

Dengan membuat perubahan kecil dalam kehidupan sehari-hari dan di tempat kerja, kita dapat secara signifikan mengurangi risiko kesehatan yang berhubungan dengan perilaku sedentari dan bergerak menuju kehidupan yang lebih sehat dan produktif.