Example 160x600
Example 160x600
Lifestyle

7 Taman Nasional Dunia Yang Eksotis dan Menakjubkan

×

7 Taman Nasional Dunia Yang Eksotis dan Menakjubkan

Sebarkan artikel ini
7 Taman Nasional Dunia
Example 468x60

Khatulistiwahits–Salah satu tempat wisata yang paling menakjubkan di dunia adalah Taman Nasional. Tempat wisata ini biasanya kaya dengan tanaman dan satwa liar yang langka. Banyak negara di seluruh penjuru dunia memiliki Taman Nasional yang menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa.

Taman Nasional merupakan upaya yang dilakukan untuk melindungi flora dan fauna liar, salah satunya dengan melestarikan kawasan lindung atau Taman Nasional. Setidaknya ada lebih dari 6.000 taman nasional yang diakui di dunia yang meliputi daratan dan perairan. Upaya konservasi sangat penting dilakukan agar beraneka macam flora dan fauna bisa tetap dilihat sampai generasi selanjutnya.

7 Taman Nasional Dunia

Berikut tujuh taman nasional terbesar di dunia yang berhasil KH rangkum dari berbagai sumber.

1.Taman Nasional Sequoia

Taman nasional ini terletak di selatan Sierra Nevada, tenggara Fresno, California, Amerika Serikat. Taman ini merupakan taman nasional ketiga yang dibentuk di Amerika Serikat (1890). Dengan wilayah meliputi 1,635 km², taman ini ditempati oleh Gunung Whitney, titik tertinggi di 48 negara bagian AS pada ketinggian 4.421,1 m dpl.

7 Taman Nasional Dunia

Taman Sequoia ini bersebelahan dengan Taman Nasional Kings Canyon yang keduanya dikelola sebagai satu unit oleh National Park Service. Taman ini terkenal oleh pohon Sequoia Raksasa-nya, termasuk Jenderal Sherman, pohon terbesar di muka bumi. Pohon ini tumbuh di Giant Forest, yang memiliki lima dari 10 pohon terbesar dalam hal volume kayu di dunia.

2. Papahānaumokuākea Marine National Monument – Hawaii, Amerika Serikat

Taman nasional terbesar di dunia adalah Papahānaumokuākea Marine National Monument yang didirikan pada tahun 2006 dan luasnya lebih dari 1,5 juta kilometer persegi Samudera Pasifik. Daerah ini dianggap suci oleh penduduk asli Hawaii karena dipercaya sebagai tempat asal mula kehidupan.

7 Taman Nasional Dunia

Pantainya membentang seluas 2.200 km dengan pulau berkarang dan dapat ditemukan beraneka ragam karang, ikan, burung, mamalia laut, serta hewan endemik kepulauan Hawaii.

3. The Kavango Zambezi Transfrontier Conservation Area – Afrika Selatan

Kawasan Konservasi Transfrontier Kavango Zambezi memiliki luas 519,912 km sq atau sama dengan luas dua negara Inggris. Kawasan konservasi ini terletak di dasar sungai Kavango dan Zambezi, dan membentang di lima negara Afrika Selatan yaitu Angola, Botswana, Namibia, Zambia, dan Zimbabwe.

7 Taman Nasional Dunia

Selain menjadi rumah bagi banyak jenis satwa liar, di kawasan salah satu taman nasional terbesar di dunia ini terdapat Delta Okavango, delta pedalaman terbesar di dunia, dan Air Terjun Victoria, air terjun terbesar di dunia yang berada di antara Zambia dan Zimbabwe.

4. Galapagos Marine Reserve – Ekuador, Amerika Selatan

Selain sebagai salah satu kawasan laut terbesar yang dilindungi di dunia, Galapagos Marine Reserve juga adalah kawasan laut yang paling beragam secara biologis di dunia. Taman nasional ini terletak di 1.100 km di lepas pantai Ekuador dan mencakup 133.000 km persegi Samudra Pasifik di sekitar Kepulauan Galapagos.

Salah satu taman nasional terbesar di dunia ini menyimpan lebih dari 2.900 fauna termasuk paus, hiu, lumba-lumba, pari, singa laut, iguana laut, anjing laut berbulu, pinguin, penyu laut elang laut, dan burung kormoran. Selain beragam fauna, cagar alam ini juga punya keindahan alam lain seperti gunung berapi bawah laut, tebing dan karang di bawah laut, serta laguna di permukaan laut.

5. Northeast Greenland National Park – Greenland

Taman Nasional Northeast Greenland pertama kali didirikan pada tahun 1974, kemudian diperluas menjadi 972.000 km persegi pada tahun 1988. Salah satu taman nasional terbesar di dunia ini jika diibaratkan sebuah negara akan menjadi negara terbesar ke-31 di dunia.

7 Taman Nasional Dunia
Foto:idntimes

Banyak sekali satwa liar mamalia yang dapat ditemukan di sini seperti rubah arktik, cerpelai, beruang kutub, dan 40% dari total populasi musk oxen di dunia. Selain itu terdapat anjing laut dan walrus di sekitar wilayah pantai serta paus di perairan sekitar.

6. Great Barrier Reef Marine Park – Queensland, Australia

Great Barrier Reef berada di lepas pantai Queensland, seluas 344,400 km persegi. Salah satu situs warisan dunia ini adalah ekosistem terumbu karang terbesar di dunia karena terdiri dari 900 pulau dan sekitar 3.000 terumbu individu membentang luas di kawasan ini. Karang-karangnya sangat besar indah, sehingga dapat terlihat jelas jika dilihat dari udara.

Baca Juga: 15 Pantai Eksotis di Pulau Kalimantan Yang Wajib Dikunjungi

Salah satu taman nasional terbesar di dunia ini adalah rumah bagi lebih dari lebih dari 5.000 moluska, 1.500 spesies ikan, 125 spesies hiu dan pari, 30 spesies paus, 17 spesies ular laut, 6 spesies kura-kura, serta duyung dan juga buaya air asin raksasa.

7. Taman Nasional Komodo, Indonesia

Taman Nasional Komodo memiliki luas wilayah 173.300 hektar. Terdapat tiga pulau besar yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo, yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca. Tidak hanya melindungi hewan Komodo yang terancam punah, di taman nasional ini para pengunjung juga bisa menikmati keindahan dari 254 spesies tanaman yang berasal dari Asia dan juga Australia.

7 Taman Nasional Dunia

Nah, demikian informasi mengenai beberapa taman nasional terbesar di dunia. Selain Taman Nasional Komodo, Indonesia juga memiliki taman nasional yang besar. Taman Nasional Lorentz di Papua adalah yang terbesar di Asia Tenggara dengan luas lahan 2,4 hektare. Kawasan ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO karena terdapat sekitar 630 spesies burung dan 123 spesies mamalia yang tergolong langka dan endemik.(KH**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *