Example 160x600
Example 160x600
NewsInspirasiLocal News

Deklarasi MAFINDO Wilayah Kalimantan Utara, Bangun Ekosistem Anti Hoaks di Seluruh Indonesia

×

Deklarasi MAFINDO Wilayah Kalimantan Utara, Bangun Ekosistem Anti Hoaks di Seluruh Indonesia

Sebarkan artikel ini
Deklarasi Mafindo
Example 468x60

Khatulistiwahits, Tarakan–Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) terus mengembangkan wilayah kerjanya hingga ke berbagai wilayah di Indonesia demi mewujudkan kerjasama dan membangun kolaborasi dengan berbagai lembaga, organisasi, dan instansi di daerah.

Dalam rangka membangun ekosistem antihoaks di seluruh wilayah Indonesia, Mafindo kembali mendeklarasikan wilayah kerja barunya yaitu Wilayah Kalimantan Utara. Deklarasi yang diadakan di Gedung Rektorat Universitas Negeri Borneo Tarakan, Kamis, 19 Oktober 2023 dirangkaikan dengan kegiatan Kampanye Prebunking, salah satu kegiatan dalam Program Cek Fakta yang merupakan program kolaborasi Mafindo, AJI, dan AMSI yang didukung oleh Google.

Kampanye prebunking ini mengisi venue yang disediakan dalam bazaar UMKM yang merupakan bagian dari Borneo Legislative Fair.

Baca Juga: Komite Publikasi dan Media Sosial MAFINDO Sukses Gelar Workshop Ngonten Bareng

Dalam Borneo legislative Talk, Presidium Mafindo untuk jejaring Indonesia Tengah, Jumrana memperkenalkan Mafindo dan kiprahnya dalam membangun literasi digital di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Nurasikin, S.HI., M.H. menyampaikan aspek hukum penyebaran misinformasi dan disinformasi. Turut hadir, Nurhayati Andris, Anggota DPRD Kabupaten Tarakan dari Komisi yang memaparkan apa saja inisiatif legislatif dalam memastikan transparansi informasi bagi masyarakat.

Borneo Legislatif Talk ini dihadiri ratusan peserta dari unsur mahasiswa, akademisi dan umum. Setelah Legislatif Talk, dilanjutkan dengan Deklarasi pembentukan Mafindo Wilayah Kalimantan Utara.

Deklarasi dihadiri oleh 20 orang relawan wilayah dan disaksikan oleh peserta Legislatif Talk. Kehadiran Mafindo Wilayah Kalimantan Utara diharapkan mampu meningkatkan literasi digital masyarakat dengan membangun kemitraan dengan pemerintah daerah, kampus, sekolah, organisasi media, dan komunitas setempat. Kemitraan tersebut akan memperkuat pengarusutamaan antihoaks dengan berbagai upaya advokasi dan edukasi kepada Masyarakat.

Menyusul Deklarasi Mafindo Wilayah Kalimantan Utara, malamnya bertempat di EJ Café dilaksanakan Silaturrahmi Wilayah untuk menentukan koordinator yang akan memimpin Mafindo Wilayah Kalimantan Utara.

Secara aklamasi, relawan wilayah bersepakat untuk memilih Nurasikin. Diharapkan, dibawah koordinasi Nurasikin, Mafindo Wilayah Kalimantan Utara sukses membangun ekosistem antihoaks di wilayah tersebut.(KH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *