Example 160x600
Example 160x600
EventInspirasiLocal News

IPEMI Kalbar, PDCF dan Universitas BSI Kampus Pontianak Sukses Gelar Sosialisasi serta Sertifikasi Halal Gratis

×

IPEMI Kalbar, PDCF dan Universitas BSI Kampus Pontianak Sukses Gelar Sosialisasi serta Sertifikasi Halal Gratis

Sebarkan artikel ini
IPEMI Kalbar
Example 468x60

KhatulistiwaHits, Pontianak–IPEMI, PDCF dan Universitas BSI Kampus Pontianak sukses menggelar sosialisasi serta sertifikasi Halal Gratis, Jumat, 17 Februari 2023 di Aula Kampus Universitas BSI Pontianak.

Kegiatan Sertifikasi Halal Gratis atau yang dikenal dengan SEHATI ini diselenggarakan oleh Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) PW Kalimantan Barat bekerjasama dengan Pontianak Digital Creative Forum (PDCF) serta Universitas BSI Kampus Pontianak.

IPEMI Kalbar

IPEMI Kalbar, PDCF dan Universitas BSI Kampus Pontianak Berkolaborasi Majukan UMKM

Sertifikasi halal adalah pengakuan kehalalan suatu produk yang dikeluarkan oleh BPJPH berdasarkan fatwa tertulis yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia

IPEMI Kalbar
Laporan Ketua Panitia Pelaksana Hj. Endang Purwati, SH (Foto:dok)

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) adalah sebuah badan yang terbentuk dibawah naungan Kementerian Agama. Undang – undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal mengamanatkan agar Produk yang beredar di Indonesia terjamin Kehalalannya oleh karena itu Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal mempunyai tugas dan fungsi untuk menjamin kehalalan produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di Indonesia.

Baca Juga:PDCF, Universitas BSI dan Relawan TIK Kalbar Berkolaborasi Gelar Workshop Bagi Pencari Kerja

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal juga didukung oleh tugas dan fungsi sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Undang – Undang No. 33 Tahun 2014 yaitu tentang Registrasi Halal, Sertifikasi Halal, Verifikasi Halal, Melakukan pembinaan serta melakukan pengawasan kehalalan produk, Kerjasama dengan seluruh stakeholder terkait, serta menetapkan standard kehalalan sebuah produk.

Kegiatan ini menghadirkan nara sumber Umi Rosidah seorang pendamping PPH UIN Sunan Kalijaga sekaligus konsultan perijinan dan pemasaran online. Nara sumber kedua Chandra Dwiriani Adji Saroyo seorang Marketing Mas Pack Terminal Kemasan Pontianak. Peserta yang hadir merupakan para UMKM yang ada di provinsi Kalimantan Barat yang belum memiliki sertifikasi Halal untuk produk dan kemasannya. Tercatat ada 75 UMKM yang hadir.

Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) merupakan organisasi kemasyarakatan yang dibentuk dan didirikan untuk meningkatkan peran dan kontribusi pengusaha muslimah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat menuju kemandirian ekonomi yang berkepribadian Indonesia dan berakhlakul karimah.

Ketua IPEMI PW Kalbar Erlinawati, yang dalam kesempatan ini sambutannya dibacakan oleh Wina Handayani selaku Wakil Ketua V, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program nasional pengabdian masyarakat yang mendukung ekonomi syariah serta diharapkan dapat menggerakkan Pelaku Ekonomi Potensial.

IPEMI Kalbar
Sambutan Ketua IPEMI Kalbar dibacakan oleh Wakil Ketua V, Hj. Wina Handayani, SE.,MM (Foto:dok)

“IPEMI berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi dan sertifikasi halal bagi produk dan kemasan secara gratis bagi para pelaku usaha UMKM”, tutur Wina.

Program IPEMI SEHATI merupakan program Sertifikasi Halal Gratis yang bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (disingkat BPJPH) dari Kemenag RI  yang dipandu langsung oleh Nara Sumber dan Mahasiswa UBSI dalam pengisian data secara online.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PDCF dan Universitas BSI semoga kegiatan kerjasama ini terus berlanjut dimasa mendatang”, kata Wina.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memenuhi salah satu unsur produk yang dijual adalah Halal seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW”, jelas Wina.

“Kolaborasi kegiatan SEHATI ini sesuai dengan slogan IPEMI “Ahad, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas”, tutup Wina yang mewakili Ketua PW IPEMI Provinsi Kalimantan Barat.

Dikesempatan yang sama Kepala Kampus Universitas BSI Pontianak, Eri Bayu Pratama menyampaikan bahwa kegiatan yang sangat bermanfaat ini terutama bagi pelaku UMKM  merupakan Kolaborasi apik IPEMI PW Kalbar, Pontianak Digital Creative Forum serta Universitas BSI Kampus Pontianak.

IPEMI Kalbar
Sambutan Kepala Kampus UBSI POntianak, Eri Bayu Pratama, M.Kom (Foto:dok)

“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada IPEMI PW Kalbar dan PDCF yang telah mempercayai kami dalam berkolaborasi melaksanakan kegiatan ini, kata Eri.

Semoga kerjasama ini terus berlangsung dan berlanjut demi membantu dan memajukan UMKM yang ada di Provinsi Kalimantan Barat ini.

Antusiasme juga terlihat dari peserta, peserta sangat berterima kasih dapat mengikuti kegiatan ini karena programnya gratis, ujar Tri salah satu peserta yang mengikuti program ini. “Semoga kegiatan ini juga dapat berlanjut dan tersedia bagi seluruh UMKM yang ada di Kalbar ini dan gratis”, ujar Tri.

IPEMI Kalbar
Suasana kegiatan SEHATI (Foto:Dok)

Sebagai informasi, Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Wilayah Ikatan Pengusaha Muslimah (IPEMI) Provinsi Kalimantan Barat dilantik oleh Ketua Umum IPEMI, Hj. Ingrid Kansil, S.Sos secara virtual dan dihadiri secara langsung oleh Ketua IPEMI Wilayah Kalbar periode 2021-2026, Erlinawati, S.H., M.A.P., beserta para pengurus, Para Ketua Organisasi Wanita yang ada di Provinsi Kalbar serta Para Tokoh Masyarakat lainnya.(**DST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *