Example 160x600
Example 160x600
Kuliner

Cencalok, Fermentasi Udang Kuliner Khas Kalimantan Barat

×

Cencalok, Fermentasi Udang Kuliner Khas Kalimantan Barat

Sebarkan artikel ini
kuliner
Sumber : Cookpad @Yulidaertik
Example 468x60

KhatulistiwaHits – Cencalok, salah satu kuliner khas Kalimantan Barat, telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi kuliner di sana. Dikenal dengan rasa asam dan gurih yang unik, cencalok berhasil memikat banyak lidah di Pontianak, Singkawang, dan hampir seluruh wilayah Kalimantan Barat.

Asal Usul dan Proses Pembuatan Cencalok

Nama cencalok mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, namun bila dilihat dari bahan dasarnya, yaitu udang kecil yang difermentasi, mungkin akan terasa lebih mengenal. Proses fermentasi ini terjadi dalam waktu tertentu hingga menghasilkan rasa asam yang khas. Fermentasi ini dipermudah oleh bantuan bakteri mikrob, terutama kelompok bakteri asam laktat.

Baca juga : Menjelajahi Lezatnya Kuliner Khas Ramadan Dari Berbagai Daerah di Indonesia

Dilansir dari InsidePontianak,  kelompok bakteri asam laktat memiliki peran penting dalam proses fermentasi cencalok. Bakteri ini tidak hanya memberikan rasa asam pada cencalok, tetapi juga meningkatkan nilai cerna makanan dan menghasilkan senyawa antimikrob yang dapat menghambat atau membunuh mikroorganisme.

Cencalok Kuliner Khas Kalimantan Barat

Bakteri yang dominan dalam cencalok berasal dari genus Lactobacillus sp. dan Streptococcus sp. Di Thailand, ditemukan pula bakteri dari genus Lactobacillus sp dan Lactococcus sp. Jangan khawatir, bakteri-bakteri ini tidak berbahaya bahkan menambah rasa khas saat proses fermentasi.

Cara Penyajian dan Konsumsi

Cencalok biasanya disajikan sebagai sambal, menjadi favorit bagi keluarga Melayu di Pontianak. Namun, tidak hanya Melayu, semua etnis di Kalimantan Barat sangat menyukai kuliner asam gurih ini. Cencalok juga ditemukan di daerah Malaka dan digunakan sebagai bahan masakan peranakan. Di Kepulauan Bangka-Belitung, cencalok disebut dengan istilah kecalok.

Cara penyajian cencalok sangat sederhana. Anda bisa membuat sambal cencalok Pontianak dengan bahan-bahan berikut:

  • 7 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 13 buah cabe rawit (sesuai selera)
  • 5 sdm cencalok
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • Secukupnya garam, kaldu jamur, dan gula

Berikut langkah-langkah pembuatannya:

Siapkan semua bahan dan bumbu. Cuci cencalok dengan air mengalir, kemudian saring dan tiriskan. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit hingga harum. Masukkan potongan tomat dan cencalok. Tambahkan garam, kaldu jamur, dan sedikit gula. Koreksi rasa. Hidangkan sambal cencalok dengan nasi panas.
Nikmati kelezatan sambal cencalok Pontianak yang asam gurih ini, dan mimin jamin, selera makan kamu akan tergugah!