Example 160x600
Example 160x600
InspirasiPendidikan

Membuat Slide Presentasi Menggunakan AI, 5 Menit Selesai dan Gratis !!

×

Membuat Slide Presentasi Menggunakan AI, 5 Menit Selesai dan Gratis !!

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Khatulistiwahits–Membuat slide presentasi tidak selalu menyulitkan, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara memanfaatkan AI bernama Gamma App untuk membantu membuat presentasi media pembelajaran dalam bentuk powerpoint dengan cepat dan efisien.

Banyak aplikasi yang berbasis AI yang telah dapat digunakan secara luas. Salah satunya akan diulas berikut dengan tutorialnya. Aplikasi Gamma ini akan memudahkan Sobat sebagai guru, dosen, siswa maupun mahasiswa dalam membuat media pembelajaran powerpoint yang menarik dan profesional.

Apa itu Aplikasi Gamma?

Gamma adalah alat presentasi gratis yang membantu pengguna membuat slide presentasi menggunakan kekuatan kecerdasan buatan, atau AI. Aplikasi ini memungkinkan Sobat menyajikan ide dan informasi dalam bentuk ringkas menggunakan teks, gambar, dan grafik. Tidak hanya dapat menyampaikan konten melalui alat dan mekanisme desain yang canggih, namun juga dapat dilakukan dengan cepat, sehingga menghemat banyak waktu.

Apa lagi yang membuat aplikasi Gamma lebih menyenangkan saat membuat presentasi media pembelajaran? Antarmukanya memungkinkan Sobat mengubah teks dan panduan menjadi desain slide tanpa harus mendesainnya sendiri.

Gamma bukan sekadar alat kecerdasan buatan, ia menggunakan banyak fitur desain berbeda dari perangkat lunak presentasi pada umumnya. Misalnya, ia menggunakan apa yang disebut kartu fleksibel untuk menyajikan konten. Jika Sobat pernah kesulitan memasukkan banyak informasi ke dalam slide, Sobat akan sangat berterima kasih pada Gamma.

Baca Juga: Universitas BSI Kampus Pontianak Ajak Generasi Muda Manfaatkan Artificial Intelegence Dalam Seminar Pemuda Digital

Selain itu, kartu tersebut dirancang agar sangat interaktif dan mencakup berbagai bentuk media. Jadi, Sobat dapat menambahkan GIF, klip YouTube, atau bahkan video TikTok untuk membuat presentasinya lebih menarik.

Dengan Gamma, Membuat Slide Presentasi sangat Mudah, Cepat dan Menarik

Dengan Gamma, slide presentasi tidak terbatas pada salinan yang dihasilkan AI. Oleh karena itu, pengguna dapat menggunakan alat pengeditan untuk menyesuaikan presentasi dengan mengubah tema, font, atau menambahkan elemen lain ke slide.

Langkah-langkah membuat slide presentasi menggunakan aplikasi AI Gamma App sebagai berikut:

1. Daftar (sign up) atau masuk pertama (login)
pastikan Anda sudah terdaftar atau login ke akun Gamma Anda. Jika belum, pengguna dapat dengan mudah mendaftar melalui Google. Masuk ke websitenya atau klik gamma.app

Membuat Slide Presentasi

Membuat Slide Presentasi

 

Membuat Slide Presentasi

Membuat Slide Presentasi

Membuat Slide Presentasi

2. Setelah berhasil masuk, klik +Create new untuk membuat presentasi baru.

Membuat Slide Presentasi

Kemudian, pilih antara Generate atau Text transform. Membuat Slide Presentasi

Setelah itu akan muncul 3 pilihan yaitu Presentation, Document, dan Webpage. Jika Anda ingin membuat slide presentasi, pilih Presentasi.

Membuat Slide Presentasi

3. Tentukan topik/temanya, pastikan menggunakan bahasa Indonesia agar materi dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens.

Membuat Slide Presentasi

4. Isi Konten
Gamma akan menghasilkan poin-poin awal berdasarkan topik atau judul yang Sobat masukkan sebelumnya. Pengguna dapat menganggapnya sebagai panduan untuk menyiapkan materi. Jika sesuai, klik Continue untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Membuat Slide Presentasi

5. Pilih tema (theme) sesuai selera,
Gamma juga menyediakan tema, gambar dan ilustrasi terkait topik yang Sobat inginkan. Jika sudah yakin dengan pilihan temanya, klik tombol “Lanjutkan”.

Membuat Slide Presentasi

6. Penerapan materi
Gamma tidak hanya memberikan perspektif tetapi juga menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan topik. Hal ini akan memudahkan dalam menjelaskan materi kepada audiens Anda.

Baca Juga: Pemanfaatan AI dalam Dunia Pendidikan, Yuk Cari Tahu !!

Tunggu hingga kecerdasan buatan selesai menghasilkan topik materi yang Anda sertakan dalam slide presentasi Anda. Periksa dan sesuaikan sebelum menggunakan slide presentasi yang dihasilkan AI.

Membuat Slide Presentasi

Gamma juga akan membantu pengguna merangkum materi dengan baik, termasuk kesimpulan dan rekomendasi.

7. Pratinjau
Setelah presentasi selesai dibuat, Sobat dapat segera menyimpan atau membagikannya. Gamma memberikan opsi untuk melihat pratinjau atau melihat presentasi dalam mode layar penuh atau mengunduhnya sebagai file PowerPoint.

Membuat Slide Presentasi

8. Ekspor PPT
Jika Sobat masih ingin mengedit slide presentasinya lebih lanjut, Sobat dapat mendownloadnya dalam format PowerPoint. Pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan konten sesuai kebutuhannya.

Membuat Slide Presentasi

Setelah klik Export untuk menympan hasilnya, tunggu sampai gamma selesai bekerja, jangan tutup tab laman yang sedang ditampilkan, ini akan membuat proses ekspor gagal.

Membuat Slide Presentasi

Membuat Slide Presentasi

Beerikut ini hasil slide presentasi dalam bentuk Powerpoint yang telah diekspor dan disimpan.

Membuat Slide Presentasi

Dengan bantuan Gamma, Sobat dapat membuat slide presentasi/PPT yang efektif dan menarik dalam waktu singkat. Aplikasi berbasis AI ini sangat cocok bagi pelajar,mahasiswa, guru, dosen atau siapa pun yang ingin membuat presentasi dengan mudah.

Semoga beermanfaat dan selamat mencoba.(KH)

Respon (4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *